Delegasi Korut Tiba di Korsel, Warga Protes dan Marah

Sonya Michaella    •    Selasa, 06 Feb 2018 17:09 WIB
korea utarakorsel-korut
Delegasi Korut Tiba di Korsel, Warga Protes dan Marah
Unjuk rasa di Pelabuhan Donghae menyambut kedatangan delegasi Korut. (Foto:AFP)

Seoul: Ratusan warga Korea Selatan (Korsel) memrotes kedatangan rombongan pemain Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang dari Korea Utara (Korut).

Di Pelabuhan Donghae, para pengunjuk rasa membawa foto pemimpin Korut, Kim Jong-un dengan coretan huruf X di bagian wajah.

Selain itu, ada pula foto Kim yang diberi cap kaki dan juga mereka meremas-remas foto sang pemimpin Korut tersebut.

"Kami saat ini siap untuk perang dengan musuh kami," teriak salah satu pengunjuk rasa, dikutip dari AFP, Selasa 6 Februari 2018.

Saat kapal Korut mendekati dermaga, para pengunjuk rasa melambai-lambaikan bendera Korsel, berbaris mengelilingi pelabuhan sambil berteriak 'Kami menentang Olimpiade Pyongyang!'.

Mereka menyebutnya Olimpiade Pyongyang (ibu kota Korut) karena saat pembukaan olimpiade, akan hadir petinggi Korut juga para pemandu soraknya.

"Mengapa kita tidak bisa membawa bendera kita sendiri pada upacara pembukaan, karena ini adalah Olimpiade Pyongyang!" teriak mereka lagi.

Kementerian Unifikasi Korsel memaparkan bahwa sebagian dari delegasi Korut akan tiba esok hari. Korut nantinya akan mempersembahkan pertunjukan ucapan selamat untuk olimpiade ini.

Rombongan Korut ini akan tinggal di sebuah resor pegunungan terpencil sekitar dua jam perjalanan dari stadion Olimpiade Pyeongchang.


(WIL)