Lima Peluru Bersarang di Tubuh Tentara Korut yang Ditembak Kawannya

Sonya Michaella    •    Selasa, 14 Nov 2017 14:49 WIB
korsel-korut
Lima Peluru Bersarang di Tubuh Tentara Korut yang Ditembak Kawannya
Salah satu sudut DMZ yang memisahkan Korsel dan Korut. (Foto: AFP)

Seoul: Pemerintah dan militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan ada lima peluru yang bersarang di tubuh tentara Korea Utara (Korut) yang ditembak kawannya sendiri ketika mencoba membelot ke Seoul lewat Zona Demiliterisasi (DMZ).

"Tentara Korut tersebut selamat. Tapi belum sadar sampai saat ini, pernapasan juga masih dibantu," kata Kepala Staf Gabungan Korsel, Suh Wook, dikutip dari AFP, Selasa 14 November 2017.

Ahli bedah yang menangani tentara tersebut menambahkan, kondisi sang tentara sangat kritis karena kerusakan usus akibat tembakan peluru.

Diketahui, saat tentara tersebut mencoba kabur lewat DMZ, sekitar 40 tembakan diarahkan padanya, yang dilakukan oleh kawannya sendiri, sesama tentara Korut.

Suh juga telah memberi tahu Korut lewat pengeras suara yang dipasang di DMZ tentang kejadian ini dan menyatakan perawatan akan terus berlanjut di bawah naungan militer Korsel.

Menteri Pertahanan Korsel Song Young-moo mengungkapkan bahwa ini adalah pertama kalinya sejak 2007 silam di mana adanya penembakan dari tentara Korut ke kawannya sendiri.

Juni lalu, dua tentara Korut berhasil membelot ke Korsel setelah melintasi perbatasan di lokasi lain.

Selama beberapa dekade sejak Semenanjung Korea terbagi, puluhan tentara Korut telah melarikan diri ke Korsel melalui DMZ yang membentang sepanjang dua kilometer.



(FJR)