Dua Orang Tewas Tersedak Kue Mochi di Jepang

Arpan Rahman    •    Selasa, 02 Jan 2018 17:00 WIB
tahun baru
Dua Orang Tewas Tersedak Kue Mochi di Jepang
Warga Jepang biasa menyantap kue Mochi dalam merayakan Tahun Baru. (Foto: AFP)

Tokyo: Dua orang meninggal dunia di Jepang dan beberapa lainnya dalam kondisi kritis setelah mereka semua tersedak kue beras tradisional Mochi saat merayakan Tahun Baru 2018.

Panganan khas Jepang itu terlihat tidak berbahaya, namun setiap tahunnya merenggut sejumlah korban jiwa. Hal ini membuat otoritas Jepang membuat peringatan kepada mereka yang ingin memakannya.

Apa itu Mochi?

Mochi adalah kue berbentuk bundar yang terbuat dari nasi lembut dengan tekstur kenyal. Cara membuatnya, beras pertama-tama dikukus, lalu ditumbuk, kemudian dihaluskan.

Adonan yang dihasilkan kemudian dibentuk bundar untuk kemudian dipanggang atau direbus.

Dilansir laman BBC, Selasa 2 Januari 2018, biasanya keluarga di tradisional merayakan Tahun Baru dengan memasak kaldu sayuran sembari memanaskan Mochi.


Pembuatan Mochi di sebuah kuil di Tokyo. (Foto: AFP)

Bagaimana Mochi Bisa Membunuh Seseorang?

Kenyal dan lengket menjadikannya sulit ditelan. Ukurannya yang besar juga semakin mempersulit. Seseorang harus mengunyah Mochi agak lama sebelum dapat ditelan.

Siapa pun yang tidak bisa mengunyah dengan benar -- biasanya anak-anak atau orang tua -- akan cenderung sulit memakannya. 

Jika tidak dikunyah tapi langsung ditelan, Mochi yang lengket dapat tersangkut di tenggorokan dan menutup jalan pernapasan.

Menurut media Jepang, 90 persen dari mereka yang dilarikan ke rumah sakit akibat tersedak Mochi adalah orang-orang berusia di atas 65 tahun.

Bagaimana Cara Aman Menyantapnya?

Kunyah, kunyah, dan terus kunyah. Jika hal itu tidak memungkinkan, Mochi harus terlebih dahulu dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Setiap tahun, pihak berwenang Jepang mengeluarkan peringatan kepada publik menjelang perayaan Tahun Baru. Peringatan tersebut meminta anak-anak dan lansia untuk memotong terlebih dahulu Mochi yang hendak dimakan.

Meski ada peringatan, setiap tahun kematian akibat Mochi terus terjadi di Jepang.

Pada pergantian tahun 2014 ke 2015, jumlah korban tewas akibat Mochi mencapai sembilan orang. Pada 2015 ke 2016, satu nyawa melayang. Sementara 2016 ke 2017, dua orang meninggal dunia.

\
Lezat namun dapat berujung fatal. (Foto: AFP)


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

1 day Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA