Kemenlu RI Dorong Kesejahteraan Petani Tanah Air

Sonya Michaella    •    Senin, 06 Nov 2017 14:30 WIB
petani
Kemenlu RI Dorong Kesejahteraan Petani Tanah Air
Petani menanam benih padi saat musim tanam di kawasan persawahan Desa Ciherang, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu 25 Oktober 2017. (Foto: Antara/ARIF FIRMANSYAH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri RI menegaskan selalu mendukung kesejahteraan petani Tanah Air. Hal ini diungkapkan Plt Direktur Jenderal Multilateral Kemenlu RI Tri Purnajaya.

“Di arus globalisasi yang seperti ini, kita, khususnya pemerintah, memang harus lebih memerhatikan kesejahteraan para petani,” ungkap Tri dalam pidatonya di acara International Workshop on Improving Small-Scale Farmers Welfare di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 6 November 2017.

Tri menyadari bahwa tren bertani saat ini sudah mulai ditinggalkan. Padahal, masyarakat masih membutuhkan hasil tani dan kebun.

“Harapannya, dengan bantuan Kemenlu membentuk acara seperti ini, dorongan dan bantuan kepada petani Indonesia semakin terbentuk,” kata dia.

Presiden RI Joko Widodo pun telah menegaskan di mana bidang agrikultur dan kehidupan petani harus disejahterakan, serta harus ada investasi di bidang ini.


Tri Purnajaya (kanan) di Hotel Fairmont, Jakarta. (Foto: Metrotvnews.com)

“Presiden kita sudah menegaskan dan tinggal kita yang menjalankannya. Petani kecil di daerah itu harus disejahterakan seiring dengan persaingan global sekarang,” tukas dia.

Selain itu, Kementerian Pertanian RI saat ini juga sudah menyusun proses bertahap untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat lewat produksi pangan dan meningkatkan proses produksi pangan yang mandiri.

Pemerintah juga kini telah berupaya secara serius untuk membangun lebih kuat kebijakan ekonomi rakyat seperti memanfaatkan lahan tadah hujan yang besar dan pembangunan umum, perbaikan irigasi, mekanisme pertanian, proses pascapanen dan pengolahan hasil panen.


(WIL)