Mantan PM Thailand Dilaporkan Kabur ke Kamboja

Sonya Michaella    •    Jumat, 22 Sep 2017 17:34 WIB
politik thailand
Mantan PM Thailand Dilaporkan Kabur ke Kamboja
Mantan PM Thailand, Yingluck Shinawatra. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Sejak dilaporkan kabur, 26 Agustus lalu, hingga saat ini keberadaan mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra belum diketahui.

Yingluck yang merupakan adik dari mantan PM Thailand, Thaksin Shinawatra,-yang dalam pelarian atas kasus korupsi- diduga terlibat dalam korupsi pengadaan beras.

Pada Jumat 25 Agustus, perempuan berusia 50 tahun itu sedianya diharuskan hadir ke Mahkamah Agung untuk mendengarkan putusan atas pengadilannya. Namun Yingluck tidak bisa hadir atas alasan vertigo.

Namun, Wakil PM Thailand Prawit Wongsuwan mengatakan, Yingluck pergi ke Kamboja melalui jalur darat yaitu lewat distrik Aranyapratheth, Bangkok.

Ia menambahkan, pihak berwenang telah menyita sebuah kendaraan yang diyakini telah digunakan Yingluck kabur ke perbatasan Kamboja. Kendaraan itu ditemukan di dekat sebuah rumah di Provinsi Nakhon Pathom.

Polisi mengonfirmasi penemuan mobil itu dan mengatakan, berdasarkan registrasi mobil, semua data tak sesuai dengan sang pengendara waktu Yingluck kabur.

"Kami memiliki tiga orang yang harus diinterogasi dan ketiganya bisa memberikan kami informasi yang berguna," ujar Prawit, dikutip dari AFP, Jumat 22 September 2017.

Ketiga sumber tersebut mengaku membantu Yingluck kabur ke perbatasan. Namun, sampai saat ini belum ada tuntutan yang diajukan.

Dikatakan pula, penyelidikan sedang berlangsung di mana ada seorang mantan kepala polkisi yang membantu Yingluck kabur dari Bangkok.

Saat ini, Mahkamah Agung telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Yingluck dan menjadwal ulang putusan atas kasusnya sampai 27 September mendatang.


(WIL)