Hutan dan Terumbu Karang Jadi Daya Tarik RI untuk Raja Swedia

Sonya Michaella    •    Kamis, 18 May 2017 13:38 WIB
indonesia-swedia
Hutan dan Terumbu Karang Jadi Daya Tarik RI untuk Raja Swedia
Duta Besar RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro (kiri) (Foto: Sonya Michaell/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehutanan, lingkungan hidup dan terumbu karang menjadi perhatian sendiri bagi Raja Swedia, Raja Carl XVI Gustaf. Hal itu lah yang menjadi magnet bagi Swedia untuk mengunjungi Indonesia.
 
"Salah satunya itu. Mengenai kondisi lingkungan, hutan dan terumbu karang Indonesia. Raja Swedia itu mempunyai ketertarikan sendiri dengan lingkungan hidup," kata Duta Besar RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.
 
"Sebenarnya, lingkungan hidup itu kan menjadi fokus Indonesia dan dunia juga. Jadi Raja Swedia juga ingin mengetahui seperti apa lingkungan hidup Indonesia," lanjut dia.
 
Dijadwalkan, Raja Gustaf akan mengunjungi Center for International Forestry Research atau CIFOR di Bogor, yang menangani soal perhutanan.
 
"Untuk kerja sama dengan CIFOR, mungkin akan dibicarakan dengan Presiden yang notabene juga paham soal kehutanan dan industri perkayuan," tutur dia.
 
Selain itu, Raja Gustaf juga akan mengunjungi Bandung dan Museum Konferensi Asia Afrika serta bertemu dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
 
"Kalau di Jakarta, Raja Gustaf akan mengunjungi Wisata Kota Tua dan Taman Makam Pahlawan, di samping akan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor," ungkap Dubes Bagas.
 
Swedia kini menjadi pusat inovasi dunia, serta Indonesia. Terbukti banyak produk dan teknologi dari Swedia yang sudah masuk ke Indonesia, contohnya Spotify, Skype, bluetooth, IKEA dan merk baju H&M.
 
Sementara, dalam kunjungannya ke Indonesia, Ratu Silvia akan lebih berfokus ke masyarakat, sosial dan perlindungan wanita serta anak-anak.



(FJR)