Pernah Dipenjara saat Kecil, WNI Tuntut Kompensasi ke Australia

Sonya Michaella    •    Jumat, 30 Jun 2017 09:29 WIB
wniindonesia-australia
Pernah Dipenjara saat Kecil, WNI Tuntut Kompensasi ke Australia
Ali Jasmin, ketika baru saja dibebaskan pada 2012 silam. (Foto: ABC)

Metrotvnews.com, Canberra: Pengadilan Banding Australia Barat memutuskan untuk menghapus vonis hukuman yang pernah menimpa seorang WNI bernama Ali Jasmin, ketika ia masih anak-anak.

Pada 2010, Ali dijatuhi hukuman penjara lima tahun karena menjadi juru masak di kapal pengangkut pencari suaka Afghanistan yang berlayar dari Indonesia ke Australia serta dituduh terlibat perdagangan manusia.

Hakim Pengadilan Banding Australia Barat memutuskan hukuman terhadap Ali Jasmin tidak sah mengingat dia masih di bawah umur saat ditangkap dan divonis penjara.

Namun, ia sempat menghabiskan tiga tahun di dalam jeruji besi, tepatnya di penjara Hakea, Perth. Ia dibebaskan pada Mei 2012 dan dipulangkan ke Indonesia.

Dikutip dari ABC, Jumat 30 Juni 2017, meski vonis dihapus, Ali ingin menuntut kompensasi kepada Pemerintah Australia dan pengadilan Australia yang memenjarakannya sebagai orang dewasa.

Ia dipenjara saat itu karena jaksa penuntut mengandalkan sinar X pergelangan tangan Ali yang diperiksa, tak lama setelah ia ditangkap.

Sinar X menunjukkan, pergelangan tangan Ali menunjukkan pergelangan orang dewasa. Namun, Pengadilan Banding berpendapat, sinar X ini tidak tepat dan tidak akurat.

Ketika diselidiki, saat ditangkap dan dipenjara, Ali kemungkinan besar masih berusia 13 tahun. Saat ini, ia berusia antara 20 atau 21 tahun.

Setelah melakukan penelusuran rinci dan memeriksa salinan akte kelahirannya yang telah diverifikasi, ternyata Ali lahir pada tahun 1996.

Menurut laporan, masih ada 115 WNI lagi yang mengalami nasib sama seperti Ali.

Meski sudah bebas dan kembali ke Indonesia, mereka mengajukan gugatan ganti rugi terhadap Pemerintah Australia sebesar 103 juta dolar Australia atau sekitar Rp1 triliun lebih di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.


(AHL)