Korut Sebut AS akan Buat Semenanjung Korea "Meledak"

Willy Haryono    •    Rabu, 14 Sep 2016 10:23 WIB
perang korea
Korut Sebut AS akan Buat Semenanjung Korea
Warga sipil dan personel militer merayakan kesuksesan uji coba nuklir di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, 13 September 2016. (Foto: AFP/KIM WON-JIN)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Korea Utara menyebut Amerika Serikat (AS) akan membuat Semenanjung Korea "meledak" setelah mengirim dua pesawat bomber untuk unjuk kekuatan kepada Pyongyang. 

Dua pesawat B-1B Lancer terbang di langit Korea Selatan pada Selasa, seiring dengan "komitmen tak tergoyahkan" dari Washington untuk melindungi sekutunya dari ancaman Korut yang melakukan uji coba nuklir kelimanya pekan lalu. 

AS menyebut pengiriman dua pesawat itu sebagai "contoh kecil dari kapabilitas penuh militer" Negeri Paman Sam. Korut melabeli aksi AS tersebut sebagai upaya "menciptakan peluang melancarkan serangan nuklir." 

"Provokasi yang sangat gegabah oleh AS semakin mendorong situasi di Semenanjung Korea ke titik akan terjadinya ledakan," ujar kantor berita KCNA, Rabu (14/9/2016). 

Pyongyang mengingatkan militernya sudah dipersenjatai "untuk melakukan serangan balasan" dan menghabisi semua musuh dalam "satu gempuran."

Washington berencana mengirim kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan dan kapal lainnya yang tergabung dalam Carrier Strike Group Five ke perairan Korsel bulan mendatang untuk mengikuti latihan bersama. 

Saat ini sekitar 28 ribu prajurit AS bersiaga di Korsel. Secara teknis, Korsel dan Korut masih berada dalam status perang karena Perang Korea pada 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. 

Jumat pekan lalu, Korut melakukan uji coba nuklir kelima dan bertekad mengambil langkah selanjutnya untuk meningkatkan kekuatan militernya dalam hal "kualitas dan kuantitas."


(WIL)