Australia Tunjuk Chris Barnes sebagai Konjen di Surabaya

   •    Rabu, 09 Aug 2017 09:57 WIB
indonesia-australia
Australia Tunjuk Chris Barnes sebagai Konjen di Surabaya
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menunjuk Chris Barnes sebagai Konjen Australia di Surabaya (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Canberra: Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menunjuk Chris Barnes sebagai Konsul Jenderal Australia di Surabaya yang baru.
 
Menurut Bishop, Konsulat Jenderal di Surabaya adalah posting diplomatik keempat di Indonesia, yang merupakan bagian dari perluasan terbesar jejaring diplomatik Australia dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun.
 
"Kerja konjen baru di Surabaya akan berpusat pada penguatan perdagangan dan membangun peluang-peluang kemitraan ekonomi di Surabaya, termasuk dalam layanan-layanan finansial, pendidikan, kesehatan, manufaktur dan infrastruktur," ujar Menlu Bishop melalui keterangan tertulis Kedubes Australia, yang diterima Metrotvnews.com, Rabu 9 Agustus 2017. 
 
"Jawa Timur menyumbangkan sekitar 15 persen dari GDP Indonesia dan Surabaya, sebagai kota terbesar kedua Indonesia, menjadi tujuan perdagangan dan investasi Australia yang semakin penting," imbuhnya.
 
Bishop menambahkan, Konjen Barnes akan bekerja mendorong hubungan antar warga di kawasan timur Indonesia yang dinamis serta menyediakan pelayanan konsuler dan lainnya untuk warga Australia di Jawa Timur.
 
Barnes sebelumnya adalah Komisioner dan Direktur Regional dari Kantor Perdagangan dan Investasi Australia Barat di Jakarta. Dirinya juga pernah menduduki posisi-posisi senior di sektor swasta dan bekerja bersama dengan kelompok-kelompok yang mempromosikan perdagangan dengan Indonesia.
 
Barnes memegang gelar Master di bidang sastra dari Universitas St Andres, Sarjana Muda Hukum dari Universitas Teknologi Sydney dan Sarjana Muda Seni dari Universitas Sydney.



(FJR)