Uji Coba Nuklir Korut Picu Tanah Longsor

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 06 Sep 2017 12:01 WIB
rudal korut
Uji Coba Nuklir Korut Picu Tanah Longsor
Citra satelit memperlihatkan Punggye-ri, situs uji coba nuklir milik Korut. (Foto: AFP/Airbus Defense & Space and 38 No)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Uji coba nuklir yang dilakukan Korea Utara (Korut) akhir pekan lalu memicu tanah longsor di sekitar lokasi ledakan. Hal ini diketahui dari gambar satelit, walau tes nuklir tersebut tidak sampai menimbulkan kawah.

Ledakan di bawah tanah pada akhir pekan kemarin terdeteksi sebagai gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter, yang diikuti beberapa guncangan susulan dengan kekuatan hingga 4,1 SR.

Dilansir laman AFP, Rabu 6 September 2017, situs 38 North yang terafiliasi Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat (AS), menerbitkan gambar satelit yang diambil Senin kemarin. Gambar tersebut menunjukkan adanya perubahan di permukaan Punggye-ri, situs uji coba milik Korut.

Dilaporkan kalau sebagian tanah telah terangkat ke udara, dan longsor kecil terjadi di sungai sekitar lokasi uji coba.

"Gangguan ini akan lebih banyak dan wilayahnya meluas dibanding lima tes nuklir yang dilakukan Korut sebelumnya," tulis laporan Universitas Johns Hopkins.

Menteri Pertahanan Korea Selatan telah memperkirakan hasil dari ledakan di kisaran 50 kiloton. Sementara situs 38 North menyebutnya 100 kiloton. 

Jepang juga melakukan penghitungan sendiri, dengan jumlah mencapai 120 kiloton. Angka tersebut setara dengan delapan kali ukuran bom AS yang menghancurkan Hiroshima pada era Perang Dunia II.

Badan keselamatan nuklir Seoul tidak mendeteksi adanya jejak bahan radioaktif dalam uji coba nuklir Korut.

 


(WIL)