Total Korban Tewas Longsor Sampah di Sri Lanka Capai 32

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Apr 2017 21:41 WIB
sri lanka
Total Korban Tewas Longsor Sampah di Sri Lanka Capai 32
Militer turun tangan mengatasi musibah sampah longsor di Sri Lanka, 16 April 2017. (Foto: www.army.lk)

Metrotvnews.com, Kolonnawa: Sri Lanka mengakhiri pencarian korban longsor di tempat pembuangan sampah, Rabu 19 April 2017, sejak operasi dimulai lima hari lalu. 

Total korban tewas dalam musibah tersebut adalah 32 orang, dengan sebelas lainnya mengalami luka-luka. 

"Kami masih melakukan operasi pembersihan," kata juru bicara militer Sri Lanka, Roshan Seneviratne, seperti dikutip AFP

"Angka terakhir korban tewas adalah 32, dan sejumlah orang yang sempat hilang kini sudah dapat kami hitung," sambung dia. 

Ratusan petugas gabungan berusaha menggali material sampah untuk mencari korban selamat di Kolonnawa, Colombo. Otoritas Sri Lanka mendeklarasikan area di sekitar lokasi tidak aman untuk perumahan. 

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe menjanjikan korban selamat perumahan permanen dalam beberapa bulan ke depan. Dia juga berjanji memindahkan tempat pembungan sampah dan merelokasi warga ke tempat yang lebih aman. 

Parlemen Sri Lanka telah mengingatkan bahwa solusi jangka panjang dibutuhkan untuk mengatasi masalah sampah di Colombo. 

Guyuran hujan lebat sepanjang malam, yang diikuti munculnya sebuah kebakaran, membuat gunungan sampah di Kolonnawa, longsor pada Jumat 14 April 2017. 

Setelah tempat pembuangan di Kolonnawa ditutup akibat longsor, sampah terus menumpuk di ibu kota Sri Lanka. Otoritas Colombo berjanji segera menyingkirkan gunungan sampah itu.


(WIL)