Menlu Jepang Selangkah Lagi Jadi Pemimpin di Partai Penguasa

Fajar Nugraha    •    Rabu, 02 Aug 2017 11:15 WIB
politik jepang
Menlu Jepang Selangkah Lagi Jadi Pemimpin di Partai Penguasa
Menlu Jepang Fumio Kishida disebut-sebut akan memimpin Partai Liberal Demokrat (Foto: NHK).

Metrotvnews.com, Tokyo: Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dilaporkan selangkah lagi menggantikan posisi Perdana Menteri Shinzo Abe.
 
Kishida disebut-sebut akan menjabat sebagai ketua Partai Liberal Demokrat (LDP). Peran menjadi ketua LDP, membuka peluangnya sebagai calon pengganti Abe.
 
Berusia 60 tahun, Kishida menjabat sebagai Menlu Jepang semenjak Abe kembali menjadi PM Jepang pada 2012. 
 
"Dalam lingkaran politik, Kishida dianggap sebagai rival potensial dalam partai LDP dan posisi perdana menteri," sebut NHK, Rabu 2 Agustus 2017.
 
Sebelumnya Kishida ditunjuk Abe untuk merangkap jabatan Menteri Pertahanan Jepang. Keputusan diambil setelah Tomomi Inada mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya.
 
 
Inada yang selama ini dikenal sebagai orang dekat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, ditunjuk sebagai menteri pertahanan pada Agustus 2016. Saat itu, namanya dianggap sebagai sosok perdana menteri Jepang di masa depan.
 
Tetapi hampir satu tahun menjabat sebagai Menhan Jepang, Inada dilanda kontroversi berulang-ulang. Skandal terbesar adalah cara kemenhan menutupi laporan dari pasukan perdamaian Jepang yang bertugas di Sudan Selatan memperlihatkan keamanan yang memburuk.
 
Abe dihadapkan pada angka popularitas yang menurun dalam beberapa pekan. Hal ini terkait skandal dan kasus korupsi yang dihadapi oleh anggota Partai Liberal Demokrat, termasuk Inada.

 

 
(FJR)