Dukung Program Jokowi, Chevening Tawarkan Beasiswa Studi Maritim

Sonya Michaella    •    Jumat, 10 Feb 2017 08:06 WIB
indonesia-inggris
Dukung Program Jokowi, Chevening Tawarkan Beasiswa Studi Maritim
Dubes RI untuk Indonesia Moazzam Malik (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Inggris terus berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang baik dengan Indonesia, salah satunya lewat pendidikan. 
 
Melalui program Chevening yang diberikan oleh Pemerintah Inggris, ratusan bahkan ribuan mahasiswa Indonesia telah mendapat pendidikan terbaik di Inggris.
 
Kedutaan Besar Inggris di Jakarta baru-baru ini meluncurkan Asosiasi Alumni Chevening. Asosiasi ini merupakan wadah untuk mengumpulkan alumni Chevening dari berbagai angkatan untuk tetap 'stay in touch' atau tetap berhubungan.
 
Ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, menegaskan bahwa Pemerintah Inggris terus menerus akan meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Inggris. Selain itu, terkait jurusan, Chevening pun akan melebarkan sayapnya ke jurusan maritim.
 
"Kami berusaha menggunakan beasiswa ini untuk membantu pembangunan Presiden Joko Widodo di bidang maritim. Chevening sudah mulai menawarkan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk mengambil jurusan kemaritiman," ungkap Dubes Moazzam, Kamis 9 Februari 2017.
 
Sementara, jurusan politik dan ilmu sosial adalah dua jurusan yang sering diambil oleh para penerima beasiswa Chevening selama ini.
 
"Indonesia butuh Sumber Daya Manusia yang hebat dan bagus. Maka kami menawarkan pendidikan yang bagus pula di Inggris. Negara kami merupakan salah satu negata tujuan belajar mahasiswa di seluruh dunia," ucapnya lagi.


Dubes RI untuk Indonesia Moazzam Malik (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

 
Di samping itu, setidaknya 20 calon penerima beasiswa Chevening asal Indonesia Timur diketahui telah mengirim aplikasinya untuk belajar di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.
 
"Untuk saat ini, sudah ada kira-kira 20 orang dari Indonesia Timur yang mendaftar untuk mendapatkan Chevening. Kami harap, dari Sabang sampai Merauke juga berkeinginan untuk belajar di Inggris dengan beasiswa Chevening," tutur Dubes Moazzam.
 
Disokong Pemerintah Inggris, Chevening ternyata juga mempunyai beberapa sponsor, antara lain sejumlah bank dan juga universitas ternama di Inggris. 
 
Tak hanya itu, Chevening juga bekerja sama dengan Kementerian Agama RI serta program beasiswa dari Kementerian Keuangan RI, yaitu LPDP, serta sejumlah universitas unggulan di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bogor dan Universitas Gajah Mada.

(FJR)