Kim Jong-un Inspeksi Area Pulau Dekat Tiongkok

Willy Haryono    •    Sabtu, 30 Jun 2018 10:29 WIB
korea utara
Kim Jong-un Inspeksi Area Pulau Dekat Tiongkok
Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA)

Seoul: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi area pulau di dekat Tiongkok, Sabtu 30 Juni 2018. Ini merupakan inspeksi perdana usai pertemuan bersejarah antara dirinya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Menurut laporan kantor berita Korean Central News Agency atau KCNA, Kim melakukan kunjungan lapangan ke sebuah lahan pertanian di Sindo County di provinsi Pyongan Utara yang berbatasan dengan Tiongkok.

Ini merupakan inspeksi perdana sejak Kim bertemu Trump di Singapura pada 12 Juni dan setelah lawatan ketiganya ke Tiongkok pada 19-20 Juni.

Kunjungan tak biasa Kim ke area terpencil memicu spekulasi bahwa Korut hendak memperkuat kerja sama ekonominya dengan Tiongkok seiring terus mencairnya hubungan kedua negara.

Kim melakukan pertemuan perdananya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Maret, yang disusul diskusi lanjutan pada Mei.

Sindo County meliputi Hwangkumpyong, sebuah pulau di Sungai Yalu dekat perbatasan Sinuiju-Dandong. Di area tersebut, Korut dan Tiongkok pada 2012 sepakat membangun zona ekonomi gabungan.

Namun proyek tersebut tertunda setelah adanya eksekusi mati oleh Korut terhadap paman Kim, Jang Song-thaek, pada 2013.


(WIL)