Memperkenalkan Teknologi ke Kota Terpencil di Australia Utara

Sonya Michaella    •    Selasa, 10 Jul 2018 09:24 WIB
teknologiaustralia
Memperkenalkan Teknologi ke Kota Terpencil di Australia Utara
Julie-Ann Lambourne, pendiri enVizion. (Foto: Medcom.id/ Sonya Michaella).

Jakarta: Beragam cara dilakukan untuk memperkenalkan teknologi ke kota-kota kecil, seperti yang terjadi di daerah terpencil yang terletak di Australia Utara.

Julie-Ann Lambourne, penduduk asli Pulau Selat Torres, merupakan wanita berjasa yang memperkenalkan teknologi ke penduduk lokal sekitar.

"Saya ingin sekali membantu para penduduk lokal agar mendapatkan akses yang mudah. Maka saya mendirikan sebuah perusahaan bernama enVizion," kata Lambourne, di Kedutaan Besar Australia, Jakarta, Senin 9 Juli 2018.

Salah satu program yang diusungnya ialah Virtual Reality Training Bus. Program ini membantu orang-orang di daerah terpencil untuk mengakses pelatihan dengan metode baru yang inovatif. 

"Dengan sebuah bis yang berisi perangkat Virtual Reality, enVizion siap memberikan pengalaman virtual secara nyata dengan berbagai tema seperti konstruksi, pertambangan, dan lain-lain untuk mengenalkan teknologi kepada penduduk lokal," lanjut dia.

Perusahaan enVizion juga mempunyai program untuk memperkenalkan teknologi terbaru kepada orang-orang yang hidup jauh dari peradaban. Mereka memberikan kelas gratis untuk memperkenalkan Digital Literacy dan setelahnya membantu perkembangan bisnis dan kewiraswastaan.

"Setelah individu mendapat pelajaran mengenai literasi digital, mereka bisa mengembangkannya sebagai peluang bisnis. Mereka bisa menjual produknya secara online atau yang biasa dikenal dengan e-commerce," tukas dia.

Besar di Cairns, sebuah kota kecil di utara Queensland, Lambourne mampu menyelesaikan pendidikan magisternya dan yakin dapat membantu memasukkan pendidikan serta pengetahuan teknologi ke penduduk lokal.

Selain enVizion, ia juga merupakan salah satu pendiri D:Hive, sebuah inovasi digital hub yang didesain untuk membantu kelompok kurang beruntung untuk berpartisipasi secara aktif di dunia ekonomi digital. (Khalisha Tyastika Firsada).


(DMR)


Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

14 hours Ago

Sebuah jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di laut lepas dari pulau Okinawa di…

BERITA LAINNYA