Taliban Klaim Serangan di Hotel Mewah Kabul

Willy Haryono    •    Minggu, 21 Jan 2018 18:41 WIB
konflik iraktaliban
Taliban Klaim Serangan di Hotel Mewah Kabul
Petugas keamanan bersiaga di lantai atas Intercontinental Hotel di Kabul, Afghanistan, Minggu 21 Januari 2018. (Foto: AFP/Wakil Kohsar)

Kabul: Kelompok militan Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan di sebuah hotel mewah di Kabul, Afghanistan, Sabtu 20 Januari 2018. Serangan menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk satu warga negara asing.

Pemerintah Afghanistan mengatakan baku tembak di sekitar Intercontinental Hotel berlangsung selama lebih kurang 12. Kabul mengklaim seluruh pelaku tewas dalam operasi tersebut. 

Seperti dikutip Independent, sekelompok militan Taliban menyerbu hotel sekitar pukul 09.00 malam waktu setempat. Mereka menyandera sejumlah orang dan bertempur dengan pasukan keamanan semalam suntuk. 

Saat hari berganti, asap hitam tebal terlihat dari hotel. Sejumlah kendaraan lapis baja milik Amerika Serikat bersama unit kepolisian Afghanistan terlihat di sekitar lokasi. 

Penyerbuan Taliban terjadi beberapa hari usai Kedutaan Besar AS di Kabul mengingatkan akan potensi terjadinya serangan di sejumlah hotel di Afghanistan.

Selain menewaskan lima orang, penyerbuan Taliban juga membuat enam lainnya terluka. Lebih dari 150 orang, 41 di antaranya warga asing, berhasil diselamatkan dari lokasi.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Najib Danish mengatakan pasukan keamanan telah menyisir seluruh hotel "dari kamar ke kamar" untuk memastikan tidak adanya lagi militan Taliban.

Baca: Lima Orang Tewas dalam Serangan di Hotel Mewah Kabul


(WIL)