229 Pemandu Sorak Korut Meriahkan Olimpiade Pyeongchang

Sonya Michaella    •    Selasa, 06 Feb 2018 16:36 WIB
korea utara
229 Pemandu Sorak Korut Meriahkan Olimpiade Pyeongchang
Pemandu sorak asal Korut. (Foto: AFP)

Seoul: Sebanyak 229 pemandu sorak asal Korea Utara (Korut) akan memeriahkan pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 di Korea Selatan (Korsel).

Delegasi yang dipimpin oleh Menteri Olahraga Korut Kim Il-guk ini akan tiba di Korsel, besok pagi, melalui jalur darat.

Dilansir dari Yonhap, Selasa 6 Februari 2018, delegasi tersebut juga menyertakan 26 pemandu sorak khusus taekwondo dan 21 wartawan.

Ratusan pemandu sorak itu akan menyemangati tim hoki es wanita gabungan antar dua negara yang akan berlaga di bawah Bendera Unifikasi.

Kabarnya, tim pemandu sorak ini dipilih langsung oleh pemimpin Kim Jong-un. Bahkan, istri Kim yang bernama Ri Sol-ju pernah menjadi pemandu sorak pada 2005 untuk sebuah acara.

Dijuluki 'tentara cantik' di Pyongyang, pemandu sorak Korut dibatasi hingga usia 20 tahun. Mayoritas mereka berusia 17 sampai 19 tahun. 

Tinggi mereka minimal 163 sentimeter dan harus berasal dari keluarga baik-baik. Di Seoul, mereka akan menari diiringi band yang berasal dari kampus elit Kim Il Sung.

Para pemandu sorak Korut pertama kali tampil di Asian Games 2002 di Busan, Korsel. Saat itu, 300 warga Korut tiba di Busan dengan memakai hanbok (busana tradisional Korea) warna-warni dan mereka pun disambut oleh warga Busan.


(WIL)