Jokowi: Kini Saatnya Indonesia Bantu Negara Lain

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 12 Feb 2018 12:00 WIB
presiden jokowidiplomasi luar negeri
Jokowi: Kini Saatnya Indonesia Bantu Negara Lain
Presiden Joko Widodo di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 12 Februari 2018. (Foto: Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Presiden Joko Widodo membuka rapat kerja perwakilan RI di Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia negara yang besar karenanya para perwakilan RI di luar negeri jangan mencari bantuan dari negara lain.

"Indonesia memiliki tanggung jawab besar, sebagai negara yang masuk dalam G20, Indonesia termasuk negara besar. Karenanya, kepada para duta besar di sini, saya minta kita jangan cari bantuan, karena sudah saatnya untuk Indonesia membantu (negara lain)," ujar Presiden di Gedung Pancasila Kemenlu, Jakarta, Senin 12 Februari 2018.

"Kita harus merasa besar, bahkan negara-negara di Pasifik saja sudah mulai kita bantu," imbuhnya.

Jokowi menuturkan, bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam G20. Dia juga meminta para dubes RI untuk terus mempromosikan Indonesia.

Saat ada konferensi tingkat tinggi yang digelar di negara lain, Jokowi meminta kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk berdiri berdampingan atau duduk berdekatan dengan tuan rumah.

"Semua itu saya lakukan bukan buat diri sendiri, melainkan buat image, citra Indonesia. Saya ingin menunjukkan bahwa ini Indonesia, negara besar, dan saya ingin semua melakukannya juga," tutur dia.

Jokowi juga meminta para diplomat untuk tidak pesimistis di tengah persaingan negara-negara global. Dia menegaskan Indonesia akan terus berkembang dengan kerja keras para diplomat.

Dalam rapat perwakilan RI ini, sejumlah Menteri Kabinet Kerja hadir, di antaranya Menteri Sekretaris Negara, Menteri Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Koordinasi Perekonomian, Staf Khusus Presiden dan seluruh dubes RI.


(WIL)