Kebakaran di Kampung Baru Malaysia, 102 WNI Terkena Imbas

   •    Minggu, 31 Dec 2017 11:27 WIB
kebakaran
Kebakaran di Kampung Baru Malaysia, 102 WNI Terkena Imbas
Sejumlah TKI mengunjungi rumahnya yang terbakar di Jalan Raja MudaMusa, Kampung Baru, Kuala Lumpur, Sabtu 30 Desember 2017. (Foto: ANTARA/AGUS SETIAWAN)

Kampung Baru: Sebanyak 15 rumah hangus dalam kebakaran di Lorong Raja Muda Enam, Kampung Baru, Malaysia pada 29 Desember 2017. Kebakaran terjadi pada pukul 09.39 pagi waktu setempat.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia, 102 WNI terkena imbas kebakaran. Hingga sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa.

"Diperoleh informasi awal bahwa 102 WNI dari 13 keluarga menjadi korban. Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut," tulis Kemenlu RI di akun Twitter

Dinas Pemadam Kebakaran Malaysia mengatakan api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.14. Investigasi masih dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran. 

"Otoritas Malaysia sudah melakukan penanganan. Para korban saat ini ditampung di Gedung Serbaguna Kampung Baru," ujar Kemenlu RI.

Anggota parlemen Malaysia Datuk Seri Johari Abdul Ghani mengaku akan meminta bantuan kepada Dewan Kota Kuala Lumpur untuk menyediakan sejumlah rumah sementara bagi para korban. Mereka semua akan tinggal di sana hingga rumah mereka kembali dibangun. 

Salah satu korban, Jantan Razak, mengaku mendapatkan informasi rumahnya telah terbakar di pagi hari.

"Saat saya datang, rumah saya sudah hangus terbakar," ucap dia, seperti dikutip Straits Times.

"Api sepertinya pertama kali berkobar dari rumah sebelah," sambung dia. 

Sementara itu KBRI Kuala Lumpur akan memberikan dukungan dan bantuan keperluan darurat bagi WNI yang menjadi korban kebakaran di Kampung Baru. KBRI Kuala Lumpur juga akan memberikan "paspor pengganti bagi yang kehilangan dalam kebakaran."


(WIL)