Banjir dan Longsor di Vietnam, 37 Orang Tewas

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 12 Oct 2017 12:25 WIB
banjir duniavietnam
Banjir dan Longsor di Vietnam, 37 Orang Tewas
Banjir dan longsor terjang Vietnam. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hanoi: Banjir bandang di Vietnam menyebabkan tanah longsor yang menewaskan sedikitnya 37 orang. Tak hanya itu, banjir ini juga merusak rumah dan tanaman di Vietnam utara dan tengah.

Otoritas Manajemen Bencana Vietnam menuturkan 40 orang dilaporkan hilang usai banjir melanda salah satu negara di Asia Tenggara tersebut.

"Banjir dan tanah longsor menyebabkan 37 orang tewas, sementara 40 lainnya dilaporkan hilang. Selain itu, 21 orang terluka. Banjir menghancurkan lebih dari 1.000 tempat tinggal di enam provinsi Vietnam," kata Otoritas Manajemen Bencana, seperti dilaporkan Washington Post, Kamis 12 Oktober 2017.

Banjir juga menenggelamkan 16.740 rumah dan infrastruktur lainnya, serta menyebabkan petani mengalami gagal panen.

Di Provinsi Hoa Binh, kota tua yang memiliki dampak paling parah, 11 orang dilaporkan tewas dan 21 lainnya hilang. Para korban termasuk sekeluarga yang rumahnya terkubur tanah longsor.

"Ada empat rumah yang tertimbun tanah longsor. Sejauh ini sudah ditemukan enam jenazah, sementara 12 lainnya masih dalam pencarian," seru petugas bencana Quach Viet Hoang.

Angin tropis memukul wilayah Vietnam tengah sejak Selasa malam. Tak hanya itu, wilayah tersebut juga dilanda hujan lebat yang menyebabkan banjir dan tanah menjadi lembek.



(FJR)