Vietnam Sebut Indonesia Mitra Penting di Bidang Pertahanan

Sonya Michaella    •    Jumat, 13 Oct 2017 13:41 WIB
indonesia-vietnam
Vietnam Sebut Indonesia Mitra Penting di Bidang Pertahanan
Menhan Vietnam Ngo Xuan Lich (tengah) saat berada di Kemhan RI, Jakarta, Jumat 13 Oktober 2017. (Foto: Metrovnews.com/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertahanan Vietnam Ngo Xuan Lich menyatakan bahwa Indonesia adalah mitra penting di bidang pertahanan. Bidang inilah yang juga menjadi komponen menguatkan hubungan bilateral kedua negara.

“Vietnam dan Indonesia adalah mitra strategis, dan kerja sama pertahanan adalah salah satu bidang menonjol serta penting dalam kemitraan ini,” kata Ngo kepada awak media di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Jumat 13 Oktober 2017.

Ia menambahkan, dirinya dan Menhan RI Ryamizard Ryacudu telah menandatangani kesepakatan Joint Working Group pada tingkat Angkatan Bersenjata lanjutan. Memorandum of Understanding ini pertama kali disepakati pada 2010.

“Agendanya bermacam-macam, contohnya pertukaran anggota delegasi dan juga personel militer muda antar dua negara,” ungkap Ngo lagi.

“Selain itu, ada juga kerja sama Angkatan Laut dua negara dan perjanjian bilateral Coast Guard dua negara,” lanjut dia.


Menhan Ngo (kiri) bersama Menhan Ryamizard. (Foto: Metrotvnews.com/Sonya Michaella)

Menhan Ngo melakukan kunjungan ke Indonesia dan diterima oleh Ryamizard di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, hari ini sekitar pukul 09.00 pagi tadi. Penyambutan diawali dengan Upacara Jajar Kehormatan.

Beberapa hal juga dibahas dalam pertemuan bilateral ini, yaitu mengenai kegiatan Forum Dialog Strategis Pertahanan dan Angkatan Bersenjata, kerja sama di bidang pendidikan dan latihan, Peace-Keeping Operation, dan juga penjajakan di bidang industri pertahanan.

Dalam kerja sama pendidikan dan latihan, ada satu anggota militer Vietnam yang mengenyam pendidikan di Indonesia. Sementara 12 anggota militer Indonesia saat ini sedang belajar di Vietnam.


(WIL)