Indonesia-Malaysia Bahas Isu Perbatasan dalam Pertemuan ke-15 JCBC

Fajar Nugraha    •    Kamis, 10 Aug 2017 18:07 WIB
indonesia-malaysia
Indonesia-Malaysia Bahas Isu Perbatasan dalam Pertemuan ke-15 JCBC
Menlu Malaysia Anifah Aman (paling kiri) bersama Menlu RI Retno L.P Marsudi (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia dan Malaysia kembali melakukan Pertemuan Komisi Kerja Sama Bilateral Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC). Berbagai isu kerja sama akan dibahas dalam pertemuan ini.
 
Delegasi Malaysia dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Dato Sri Anifah Aman, yang akan melakukan pertemuan dengan Menlu Retno L.P Marsudi di Jakarta pada 11 Agustus 2017.
 
Adapun pertemuan JCBC ini berlangsung 10 hingga 11 Agustus dengan diawali pertemuan para pejabat senior kedua kementerian. 
 
"Pertemuan JCBC ke-15 kali akan membahas perkembangan kerja sama bilateral dan menindaklanjuti keputusan yang diraih oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Presiden Joko Widodo pada pertemuan Konsultasi Tahunan ke-11 di Jakarta tahun lalu. Sementara JCBC ke-14 diadakan di Kuala Lumpur pada 9 dan 10 Oktober 2015," pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri Malaysia, yang diterima Metrotvnews.com, 10 Agustus 2017.
 
Sebelum pertemuan tingkat menteri, para pejabat senior kedua kementerian melakukan pertemuan pada 10 Agustus. Beberapa isu yang dibahas antara lain pembahasan perbatasan maritim dan perbatasan darat kedua negara.
 
"Isu lain yang turut dibahas antara lain perlakuan dan kesejahteraan nelayan, pekerja Indonesia dan buruh migran yang ada di Malaysia. Selain juga isu investasi dan perdagangan serta berbagai subjek penting lain yang melibatkan Indonesia-Malaysia," imbuh pernyataan tersebut.
 
Sisi menarik dari pertemuan ke-15 JCBC ini bertepatan dengan perayaan hubungan diplomatik ke-60 tahun antara Indonesia dan Malaysia. Tentunya merayakan hubungan bilateral yang sudah terjalin lama antara kedua negara.



(FJR)