Rendang jadi Santapan Utama Menlu Rusia di Jakarta

Sonya Michaella    •    Rabu, 09 Aug 2017 18:21 WIB
indonesia-rusia
Rendang jadi Santapan Utama Menlu Rusia di Jakarta
Menlu Retno Marsudi (kiri) berjabat tangan dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov di Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rendang jadi salah satu menu santap siang Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov saat dijamu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

"Ada makanan Rusia tapi ala Indonesia. Untuk hidangan utama ada rendang, tapi makannya pakai kentang," ujar Menlu Retno sambil tertawa, ketika ditemui di Gedung Pancasila, Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Ini merupakan kunjungan perdana Lavrov ke Indonesia sebagai Menlu Rusia. Dalam pertemuannya dengan Menlu Retno, ia membahas rencana kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia.

Selain itu, Lavrov juga meresmikan Perwakilan Rusia untuk ASEAN di Indonesia pada sore hari. Sebelumnya, Lavrov menghadiri presentasi pesawat sipil MS-21.

Lewat pembukaan perwakilan Rusia untuk ASEAN, Negeri Beruang Merah semakin memantapkan langkah dan melebarkan sayap kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Lavrov juga sempat menyinggung kerja sama pemberantasan kelompok militan, khususnya Islamic State (ISIS) yang kini semakin gencar memperluas wilayah cengkeramannya.

"Kita harus bekerja sama untuk memberantas terorisme khususnya memberantas keberadaan ISIS," tegas Lavrov lagi.


Menlu Rusia Sergey Lavrov. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Membahas banyak isu internasional yang sedang memanas akhir-akhir ini, Lavrov mengharapkan kerja sama yang lebih kuat lagi bersama Indonesia, terutama di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Peningkatan kerja sama di PBB antar dua negara juga harus ditingkatkan untuk sesegera mungkin menyelesaikan isu-isu internasional yang ada saat ini," ungkap dia.

Kunjungan perdana Lavrov ke Indonesia juga untuk mengumumkan duta besar Rusia untuk ASEAN yang baru. Kunjungan ini juga dirasa tepat karena Lavrov direncanakan mengunjungi Sekretariat ASEAN bertepatan di perayaan ulang tahun ke-50 dari organisasi tersebut.



(WIL)