Prajurit Rumania Tewas Diserang Taliban di Afghanistan

Willy Haryono    •    Sabtu, 16 Sep 2017 14:49 WIB
natotaliban
Prajurit Rumania Tewas Diserang Taliban di Afghanistan
Prajurit NATO berada di lokasi serangan bom bunuh diri Taliban di Kandahar, Afghanistan, 15 September 2017. (Foto: AFP/JAVED TANVEER)

Metrotvnews.com, Kandahar: Seorang prajurit Rumania tewas dalam serangan bunuh diri kelompok militan Taliban yang menyerang sebuah konvoi pasukan NATO di Afghanistan selatan. Serangan juga melukai dua tentara lainnya. 

Pelaku menabrakkan kendaraan berisi bahan peledak ke mobil patroli di distrik Daman, provinsi Kandahar, Jumat kemarin. Satu korban tewas dan dua luka merupakan prajurit NATO asal Rumania. 

Jenderal John Nicholson, yang memimpin pasukan Amerika Serikat dan NATO di Afghanistan, mengutuk serangan dan menyatakan bahwa peristiwa ini membuktikan Taliban memang "tidak tertarik terhadap perdamaian."

"Jatuhnya korban hanya akan memperkuat tekad kami dan dukungan terhadap pemerintah Afghanistan serta warganya dalam mencapai negeri yang damai dan stabil," ujar Nicholson, seperti dilansir AFP, Sabtu 16 September 2017. 

Dalam sebuah pesan dari juru bicara Taliban kepada para awak media via WhatsApp, disebutkan bahwa "tujuh tentara asing" tewas dalam serangan. Selama ini, Taliban dikenal sering melebih-lebihkan klaim kemenangan mereka. 

Serangan terbaru terjadi seiring tekad Taliban mengubah Afghanistan menjadi "pemakaman" bagi pasukan asing. Pernyataan itu merespons keputusan Presiden AS Donald Trump bulan lalu yang akan tetap mempertahankan pasukannya di Afghanistan. 

Bulan ini, dua pelaku bom bunuh diri Taliban melancarkan serangan terpisah di sekitar Pangkalan Udara Bagram, instalasi militer terbesar AS di Afghanistan. Serangan melukai beberapa prajurit AS dan warga sipil.


(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA