Sempat Ditahan, 4 Warga Jepang Kembali dari Tiongkok

Fajar Nugraha    •    Kamis, 27 Jul 2017 13:21 WIB
jepang-tiongkok
Sempat Ditahan, 4 Warga Jepang Kembali dari Tiongkok
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Tokyo: Sebanyak empat dari enam warga Jepang yang ditahan di Tiongkok sejak Maret, akhirnya kembali negara mereka. Mereka ditahan atas tuduhan melakukan aktivitas ilegal.
 
"Empat dari enam warga Jepang yang ditahan di Provinsi Shandong dan Hainan pada Maret lalu, sudah kembali ke Jepang," ujar Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, seperti dikutip Xinhua, Kamis 27 Juli 2017.
 
Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan keenam warga Jepang itu ditahan atas kecurigaan melakukan 'aktivitas ilegal'. Bagi Provinsi Shandong dan Provinsi Hainan diketahui memiliki pangkalan militer yang besar.
 
Sementara perusahaan NC Geophysical Survey Co., yang berada di Kota Funabashi memberkan konfirmasi bahwa tiga dari empat orang yang kembali ke Jepang adalah karyawan mereka.
 
Pihak perusahaan menyebutkan bahwa mereka mengirim keempat karyawannya ke Tiongkok. Pengiriman dilakukan dengan maksud sebagai penelitian geologi pada Maret, setelah menerima kontrak kerja sama mengembangkan dua sumber panas di Negeri Tirai Bambu.
 
Sekretaris Kabinet Suga menolak menjelaskan apa alasan bebasnya empat orang warga Jepang itu. "Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk melindungi warga Jepang. Kami terus memberikan dukungan bagi mereka yang masih ditahan," jelas Suga.
 
Hubungan antara Jepang dan Tiongkok terus mengalami pasang surut. Kedua negara saling berebut klaim Pulau Senkaku di Laut China Timur. Hingga saat ini, kedua negara saling mencurigai.
 
Pada 2010, empat warga Jepang ditahan di Tiongkok atas tuduhan memasuki zona militer dan mengambil foto tanpa izin. Sedangkan pada 2015 lalu, dua warga Jepang juga ditahan atas tuduhan mata-mata. Sementara di 2015, Tiongkok juga menyelidiki warga Jepang yang dianggap mengancam keamanan nasional.



(FJR)