ISIS Incar Serangan di Masjid Kabul, Tewaskan 28 Jiwa

Arpan Rahman    •    Sabtu, 26 Aug 2017 16:12 WIB
afghanistanisis
ISIS Incar Serangan di Masjid Kabul, Tewaskan 28 Jiwa
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Kabul: Ratusan warga yang berkabung mengubur korban bom bunuh diri dan serangan senjata ke sebuah masjid di Kabul, Afghanistan. Korban tewas akibat kekejaman tersebut mencapai 28 orang.
 
Kerabat dan teman-teman yang berduka mengusung keranda ke pemakaman satu per satu pada Sabtu 26 Agustus, sehari setelah serangan yang diklaim oleh kelompok Islamic State (ISIS) di komunitas minoritas Syiah yang terpukul di Afghanistan.
 
Empat penyerang memicu ledakan dan tembakan senjata berentet ke masjid Emam Zaman di utara ibukota Afghanistan selama empat jam. Di saat itu, puluhan pria, wanita, dan anak-anak berkumpul untuk salat Jumat, 25 Agustus.
 
Dalam adegan yang sangat menyedihkan bagi orang Syiah di negara yang dilanda perang baru-baru ini, para pelayat meratap berkumpul di masjid, Sabtu, untuk menaruh sejumlah jenazah satu demi satu dalam kuburan.
 
"Kami biasa menghadiri upacara seperti Ashura bersama di masjid ini, tapi hari ini saya mengubur mayat mereka di sini," kata Hussain Ali, yang kehilangan seorang teman dalam serangan tersebut, kepada AFP, Sabtu 26 Agustus 2017.
 
"Ini bukan pertama kalinya, hal ini terus terjadi, pemerintah sudah gagal memberikan keamanan kepada kita, bahkan sampai hari ini dalam upacara ini orang khawatir jika akan terjadi sesuatu," tambahnya.
 
ISIS mengklaim serangan tersebut, yang juga melukai 50 orang, melalui portal propaganda Amaq.
 
Kaum Syi'ah, yang merupakan minoritas dengan sekitar tiga juta jiwa di Afghanistan -- sementara mayoritas beragama Sunni -- secara teratur menjadi sasaran militansi ISIS selama setahun terakhir. Di sela pertikaian sektarian selama bertahun-tahun konflik di negara yang dikecamuk perang ini.
 
Mereka menuduh aparat keamanan tidak berbuat cukup banyak buat melindunginya. Awal bulan ini, 33 jamaah tewas dan 66 lainnya cedera dalam serangan bunuh diri yang diklaim ISIS di sebuah masjid Syiah di kota Herat, Afghanistan barat.
 
Ledakan ganda pada Juli 2016, meruyak kerumunan etnis Hazara Syiah, menewaskan sedikitnya 85 orang dan melukai lebih dari 400 orang.
 
Penguburan terjadi saat seorang pejabat mengatakan korban tewas akibat serangan Jumat, yang lagi-lagi menggarisbawahi situasi keamanan Afghanistan yang memburuk, meningkat menjadi 28 orang.
 
"Jumlah korban tewas terakhir dari rumah sakit Kabul adalah 28 tewas, termasuk tiga wanita, dan sekitar 50 orang terluka, termasuk lebih dari selusin wanita dan anak-anak," Mohammad Ismail Kawoosi, juru bicara kementerian kesehatan, mengatakan kepada AFP.



(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

20 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA