Bersama Suu Kyi, PM India Diskusikan Rohingya dan Hubungan Bilateral

Arpan Rahman    •    Rabu, 06 Sep 2017 17:03 WIB
politik india
Bersama Suu Kyi, PM India Diskusikan Rohingya dan Hubungan Bilateral
PM India Narendra Modi (kiri) besama pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi di Naypyidaw, 6 September 2017. (Foto: AFP/PIB)

Metrotvnews.com, Naypyidaw: Perdana Menteri India Narendra Modi bertemu pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi, Rabu 6 September 2017. Kedua pemimpin membahas sejumlah cara untuk memperkuat hubungan bilateral.

"PM Modi dan Konselor Aung San Suu Kyi bertemu di Myanmar, membahas urusan lebih lanjut mengenai hubungan India-Myanmar," kata kantor Perdana Menteri India di Twitter.

"Memenuhi undangan rekan yang terhormat. PM Modi berjumpa Penasihat Negara Aung San Suu Kyi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India Raveesh Kumar, seperti dilansir The Hindu.

Kunjungan PM India ke Myanmar terjadi di tengah lonjakan kekerasan etnis atas Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine. Dia diharapkan dapat mengangkat isu eksodus etnis Rohingya ke negara-negara tetangga.

Pemerintah India juga memiliki masalah dengan pengungsi Rohingya. PM Modi telah mempertimbangkan untuk mendeportasi mereka, yang jumlahnya di India saat ini sekitar 40.000 orang.

India dan Myanmar membicarakan penguatan kerja sama di bidang keamanan dan anti-terorisme, perdagangan dan investasi, infrastruktur dan energi serta budaya.

Sebelum ke Myanmar, PM Modi berkunjung ke kota Xiamen, Tiongkok, dalam menghadiri KTT BRICS. Di sana, ia berdiskusi dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan para pemimpin lainnya.

Perjalanan ke Myanmar menjadi kunjungan bilateral pertama Modi. Dia telah mengunjungi negara tersebut pada 2014 untuk menghadiri KTT ASEAN-India. Presiden Myanmar dan Suu Kyi mengunjungi India tahun lalu.

Myanmar adalah salah satu tetangga strategis India yang berbagi perbatasan sepanjang 1.640 km. Sejumlah negara bagian India ada di timur laut Myanmar, termasuk Nagaland dan Manipur.

 


(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA