Bertemu Suu Kyi, Menlu RI Sampaikan Empat Usulan Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 04 Sep 2017 18:03 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Bertemu Suu Kyi, Menlu RI Sampaikan Empat Usulan Indonesia
Menlu Retno Marsudi (kiri) bertemu pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi di Naypyidaw, 4 September 2017. (Foto: AFP/MINISTRY OF FOREIGN AFFAIRS)

Metrotvnews.com, Naypyitaw: Berkunjung ke Myanmar, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi untuk membahas situasi terkini di Rakhine. Menlu Retno menyampaikan empat usulan Indonesia kepada pemimpin de facto Myanmar tersebut.

"Dengan Daw Aung San Suu Kyi, Indonesia menyampaikan usulan formula 4+1 dalam mengatasi situasi di Rakhine. Empat pertama mengenai perdamaian dan keamanan, kedua perlindungan maksimum, menahan diri dan tanpa kekerasan, ketiga perlindungan tanpa memandang etnis dan agama, serta akses penyaluran bantuan kemanusiaan," ujar Menlu Retno dalam wawancara khusus dalam program Metro Hari Ini lewat sambungan telepon, Senin 4 September 2017.

Retno menambahkan selain empat usulan tersebut, satu lainnya adalah implementasi laporan Kofi Annan, Ketua Komisi Penasihat Negara Bagian Rakhine yang ditunjuk Pemerintah Myanmar sendiri. Menurut Retno, Suu Kyi menanggapi positif usulan dengan formula 4+1 yang disampaikan Indonesia.

Sementara itu, Retno mengakui dia dan Suu Kyi membicarakan hal yang lebih detil mengenai akses bantuan kemanusiaan ke Negara Bagian Rakhine.

Baca: Menlu RI dan Panglima Myanmar Tukar Pandangan soal Rakhine

"Kita melakukan silang pendapat mengenai penyaluran bantuan kemanusiaan, dan dari diskusi itu, disepakati bantuan kemanusiaan penyalurannya tentu dipimpin pemerintah Myanmar, tetapi melibatkan Palang Merah Internasional dan beberapa negara, termasuk di antaranya Indonesia dan juga ASEAN," lanjut dia.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu menuturkan pertemuan kali ini merupakan capaian luar biasa mengenai diplomasi Indonesia di Myanmar, khususnya di Rakhine.

Retno menambahkan, untuk usulan pentingnya implementasi rekomendasi Kofi Annan, Suu Kyi berencana akan membentu komisi khusus untuk membuatnya menjadi nyata.

Selain dengan Suu Kyi, Menlu Retno juga melakukan pertemuan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar dan tiga menteri yang memegang tiga posisi strategis, yaitu Menteri Sekretaris Negara, Penasihat Keamanan dan Menteri Muda Urusan Luar Negeri.




(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA