Tiongkok-Vietnam Batal Bertemu untuk Bahas Laut China Selatan

Sonya Michaella    •    Selasa, 08 Aug 2017 13:21 WIB
laut china selatanasean
Tiongkok-Vietnam Batal Bertemu untuk Bahas Laut China Selatan
Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Manila: Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh untuk membahas sengketa Laut China Selatan, dibatalkan. 
 
Seorang pejabat dari Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan, kedua menlu sudah bertemu di sela-sela gelaran pertemuan ASEAN di Manila, Filipina. Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut alasan dibatalkannya pertemuan dua negara tersebut.
 
Dikutip Strait Times, Selasa 8 Agustus 2017, Vietnam menjadi negara anggota yang cukup vokal menyuarakan klaimnya atas Laut China Selatan. Vietnam juga menentang pembangunan dan militerisasi yang dilakukan Tiongkok pada sebagian besar pulau-pulau di perairan strategis tersebut.
 
Sejauh ini, Kementerian Luar Negeri Vietnam juga tak memberikan keterangan apapun perihal batalnya pertemuan itu.
 
Ketegangan antar dua negara meningkat sejak Juni lalu di mana Vietnam membuat Tiongkok berang karena aktivitas pengeboran minyak dan gas di sebuah blok lepas pantai di Laut China Selatan.
 
Aktivitas pengeboran akhirnya dihentikan setelah Tiongkok melayangkan protes keras terhadap Vietnam.
 
Sementara itu, Wang beranggapan negaranya belum melakukan kegiatan reklamasi selama dua tahun terakhir. "Pada saat ini, jika Anda bertanya siapa yang melakukan reklamasi, itu pasti bukan Tiongkok. mungkin negara lain yang melakukannya," tegas Wang.
 
Wang mengatakan, sebuah citra satelit telah menunjukkan bahwa Vietnam telah melakukan reklamasi di dua lokasi di Laut China Selatan, dalam beberapa tahun terakhir.
 
Hari ini, sebuah media Pemerintah Tiongkok bahkan menyebut bahwa Vietnam sengaja mengangkat isu reklamasi di pertemuan ASEAN untuk menyudutkan Tiongkok.
 
"Tidak diragukan lagi, apa yang Vietnam lakukan adalah tipuan 'seorang pencuri'," sebut editorial media tersebut.



(FJR)