Tiongkok Fokus pada Implementasi SDGs 2030

Sonya Michaella    •    Senin, 19 Sep 2016 11:42 WIB
sdg
Tiongkok Fokus pada Implementasi SDGs 2030
Dubes Tiongkok untuk ASEAN Xu Bu di Hotel JW Marriot, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, 19 September 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Tiongkok berkomitmen melanjutkan promosi terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk 15 tahun ke depan.

"SDGs sangat menarik perhatian dunia. Kita harus bertahan dari krisis ekonomi dunia," kata Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Xu Bu, di Hotel JW Marriot, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2016).

"Masih banyak tantangan yang dihadapi, perdamaian and stabilitas kawasan, pengungsi dan terorisme, adalah tantangan-tantangan yang kita hadapi," lanjutnya.

Dubes Xu menegaskan Tiongkok merupakan negara yang mendukung perkembangan SDGs secara berkesinambungan. "Presiden Xi Jinping menekankan kesejahteraan sejalan dengan energi bersih dan berbagi dengan negara lain pengalaman ini," ungkapnya. 

Ia menjelaskan bahwa pada September tahun lalu, Presiden Xi telah merilis sejumlah inisiatif, di mana beberapa institut memberi beasiswa ke negara-negara berkembang guna mendorong SDGs.

"Implementasi 2030 adalah salah satu prioritas Tiongkok dalam SDGs. Selain itu, tujuan utama kami juga mengurangi gap (kesenjangan) antara negara-negara ASEAN," ujarnya.

"Kami tidak sabar menanti negosiasi dan implementasi 2030 antara ASEAN-Tiongkok," pungkas Dubes Xu.



(WIL)