Indonesia Minta Akses Bebas Visa ke Rumania untuk WNI

Sonya Michaella    •    Rabu, 12 Oct 2016 09:29 WIB
indonesia-rumania
Indonesia Minta Akses Bebas Visa ke Rumania untuk WNI
Menlu Retno Marsudi menerima Menlu Rumania Lazar Comanescu (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia dan Rumania menguatkan kerja sama di berbagai sektor, salah satunya adalah ekonomi dan perdagangan.
 
Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi ketika menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Rumania, Lazar Comanescu.
 
"Kami sepakat untuk menguatkan kerja sama ekonomi. Kami sangat senang bahwa peningkatan kerja sama perdagangan dua negara mencapai 32,5 persen," kata Menlu Retno, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (12/10/2016).
 
Dalam kunjungan perdana Menlu Comanescu ini, ia juga membawa delegasi bisnis untuk hadir di International Trade Expo yang diselenggarakan di Jiexpo Kemayoran mulai hari ini.
 
"Malam tadi, Chamber of Commerce (KADIN) Indonesia dan Rumania menandatangani perjanjian kerja sama dan ini menjadi tugas pemerintah untuk membangun privat sektor kerja sama dalam menguatkan hubungan ekonomi dua negara," lanjutnya.


Menlu Retno Marsudi dan Menlu Comanescu di Gedung Pancasila (Foto: Sonya Michaella/MTVN)
 
 
Menlu Retno juga mengatakan bahwa Menlu Comanescu akan bertemu dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya untuk membicarakan kerja sama infrastruktur lebih lanjut lagi.
 
Dalam sektor pendidikan juga semakin dikuatkan dengan adanya satu warga Rumania yang sedang mengikuti pelatihan diplomat di fasilitas diplomat milik Kemenlu RI.
 
"Selain itu, Indonesia juga meminta askes bebas visa ke Rumania untuk WNI yang akan ke sana," tutur mantan duta besar RI di Belanda ini.
 
Sementara itu, Menlu Comanescu menyatakan bahwa Indonesia adalah mitra yang sangat penting yang berada di Asia dan juga sebagai anggota ASEAN.
 
"Rumania sudah menganggap wilayah Asia, khususnya Indonesia yang berada di kawasan Asia Tenggara adalah wilayah yang penting dan mempunyai potensi," ujar Menlu Comanescu.
 
Selebihnya, lanjut dia, Indonesia dan Rumania juga mengeratkan kembali people to people contact dan beberapa potensi kerja sama lebih lanjut seperti sains teknologi.
 
"Universitas di Rumania juga menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin ke sana dan sebaliknya juga tentu diperlukan," ujarnya lagi.
 
Menlu Retno dan Menlu Comanescu juga membahas perkembangan kawasan di ASEAN dan membahas isu-isu global yang perlu ditangani secara cepat, salah satunya adalah migrasi.

(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA