Inggris Siap Lebarkan Kerja Sama Pertahanan dengan RI

Sonya Michaella    •    Rabu, 07 Nov 2018 17:59 WIB
indonesia-inggris
Inggris Siap Lebarkan Kerja Sama Pertahanan dengan RI
Alexis Hammer (tengah) di Indo Defence 2018, di Jakarta, Rabu 7 November 2018. (Foto: Fajar Nugraha)

Jakarta: Kemitraan pertahanan antara Inggris dan Indonesia telah terjalin cukup lama dan baik. Direktur Regional Departemen Pertahanan Perdagangan dan Organisasi Keamanan (DIT DSO) Alexis Hammer menyebut Indonesia adalah mitra penting Inggris.

"Kami menawarkan apapun yang bisa meningkatkan hubungan antar kedua negara, kapabilitas misalnya. Kami siap melebarkan kerja sama dengan Indonesia," ucap Hammer, di Indo Defence 2018, di Jakarta, Rabu 7 November 2018.

Baca: Kemitraan Strategis RI-Inggris di Indo Defence 2018

"Peningkatan kerja sama ini bisa saja di darat dan di maritim, tapi juga tergantung dari apa yang dibutuhkan Indonesia, mana sektor yang ingin ditingkatkan," lanjutnya.

Selain itu, Hammer juga menambahkan bahwa Inggris siap bekerja sama dengan Indonesia untuk memberantas terorisme, salah satu sektor yang menjadi fokus Indonesia saat ini.

Inggris menilai Indonesia, seperti negara berdaulat lainnya, memiliki hak dan kemampuan untuk melindungi diri dari segala bentuk ancaman. London mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam misi Penjaga Perdamaian PBB. RI telah mengerahkan lebih dari 40 ribu personel keamanan untuk 28 misi Penjaga Perdamaian PBB sejak 1957.

Selain itu, Inggris juga siap membantu Indonesia dalam mencapai batas ideal Jumlah Minimum Pasukan Esensial RI di tahun 2024 dan rencana peningkatan anggaran pertahanan dari 0,8 persen menjadi 1,5 persen dari total GDP pada 2020-2021.


(WIL)