Simpan Foto ISIS, WNI di Malaysia Dipenjara 30 Bulan

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 06 Nov 2018 20:07 WIB
isis
Simpan Foto ISIS, WNI di Malaysia Dipenjara 30 Bulan
Bendera hitam ISIS. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Warga Negara Indonesia (WNI) dijatuhi hukuman penjara 30 bulan karena memiliki dua foto terkait kelompok Islamic State (ISIS). Eq Maulana Dunda ditangkap pada 12 Juli.

Pria 25 tahun itu baru tiba di Malaysia beberapa bulan lalu usai menikahi warga setempat. Dia mengaku bersalah atas tuduhan tersebut.

"Saya menyesal telah menyimpan foto-foto (ISIS) untuk waktu yang lama. Saat itu saya berada di Indonesia. Saya tidak tahu. Saya mohon agar hukuman diringankan karena istri sedang hamil," katanya di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, dilansir dari laman Malaysia Mail, Selasa 6 November 2018.

Eq Maulana didakwa Pasal 130 JB(1)(a) KUHP (Act 574). Dia mengatakan mendapat foto-foto tersebut dari Google dan sudah lama menyimpannya.

Sementara itu, Wakil Jaksa Penuntut Umum Munirah Shamsudin mendesak terdakwa dikenakan hukuman penjara lebih berat. Pasalnya, kata Munirah, terorisme merupakan kejahatan lintas batas yang melibatkan jaringan internasional.

"Ini bisa menjadi pelajaran bagi terdakwa dan masyarakat," imbuh dia.

Tim polisi yang menggerebek rumah Eq menemukan sebuah telepon genggam di atas kulkas. Dua foto terkait ISIS ditemukan di ponsel tersebut, dan otoritas Malaysia menilai Eq sebagai ancaman keamanan nasional.

Baca: WNI Ditangkap di Malaysia Akui Simpan Video Kegiatan ISIS


(WIL)