Bayar Utang, Mahathir Berniat Jual Aset Malaysia

Sonya Michaella    •    Kamis, 11 Oct 2018 09:00 WIB
malaysia
Bayar Utang, Mahathir Berniat Jual Aset Malaysia
PM Malaysia Mahathir Mohamad. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad berniat menjual aset negara untuk membayar utang negara sebesar 1 triliun Ringgit atau setara dengan Rp3.600 triliun.

Selain menjual aset, Mahathir juga berencana menerapkan pajak baru. Pajak tersebut dinilai bakal berbeda dari Pajak Penjualan dan Jasa.

"Pajak tidak akan membebani rakyat terlalu banyak. Tapi kami masih mencari formulasi yang tepat," kata Mahathir, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 10 Oktober 2018.

Sementara itu, aset negara yang akan dijual adalah berupa tanah atau aset berharga lainnya. Ia menyebutkan, ketika Malaysia dipimpin Najib Razak, aset yang dijual ke pihak asing tak memberikan dampak positif bagi negara.

"Aset ini akan kami jual ke rakyat Malaysia sendiri. Misalnya membangun kawasan permukiman yang memberikan keuntungan," tutur pria berusia 93 tahun ini.

Mahathir juga menyebut, utang negara yang menumpuk ini akibat masa kepemimpinan Najib. Selain membatalkan sejumlah proyek yang dinilainya tak menguntungkan, Mahathir juga sempat membuka donasi bernama Tabung Harapan bagi rakyat Negeri Jiran yang ingin membantu meringankan utang negara. 

Hingga September 2018, tercatat total sumbangan dari rakyat terkumpul mencapai 193 juta Ringgit atau setara dengan Rp708 miliar. 



(FJR)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA