KBRI Meksiko Imbau WNI Amankan Diri dari Gempa

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 08 Sep 2017 15:23 WIB
gempa meksiko
KBRI Meksiko Imbau WNI Amankan Diri dari Gempa
Jubir Kemenlu RI Arrmanatha Nasir (Foto: Fajar Nugraha/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Meksiko City: Gempa 8,2 skala richter (SR) mengguncang negara bagian Chiapas, Meksiko. Kedutaan Besar RI di Meksiko mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) untuk mengamankan diri dari gempa.
 
 
"KBRI Mexico telah mengeluarkan imbauan kepada WNI untuk mengamankan diri dan menghubungi KBRI Mexico apabila memerlukan bantuan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, kepada Metrotvnews.com lewat pesan singkat, Jumat 8 September 2017.
 
Arrmanatha menuturkan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat gempa tersebut. "Berdasarkan catatan KBRI Meksiko, tidak terdapat WNI di negara bagian Chiapas," jelasnya.
 
Jumlah total WNI di Meksiko sebanyak 289 orang, dengan 190 diantaranya berada di Meksiko City.
 
Gempa besar yang mengguncang Meksiko, membuat pemerintah setempat bergerak cepat. Udai gempa tersebut, Presiden Enrique Pena Nieto langsung mengeluarkan pengumuman darurat.
 
"Protokol perlindungan sipil sudah diaktifkan, termasuk aktivasi Komite Darurat Nasional setelah gempa 8 SR," pernyataan Presiden Nieto, dalam akun Twitter nya.
 
 
Sementara beberapa bagian dari wilayah ibu kota Meksiko City, saat ini tidak dapat dialiri listrik. Pihak berwenang setempat pun sudah mengerahkan patroli tambahan ke wilayah yang dilanda gempa.
 
"Pemeriksaan pertama dari atas helikopter dan kamera keamanan, menunjukkan belum ada kerusakan yang dilaporkan," jelas Wali Kota Meksiko City Miguel Angel Mancera.
 
Gempa susulan pun masih sempat mengguncang wilayah Meksiko City. Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, gempa susulan dilaporkan berkekuatan 5 SR.



(FJR)