Cuci Tangan di Laguna, Wartawan Inggris Tewas Diserang Buaya

Arpan Rahman    •    Jumat, 15 Sep 2017 19:00 WIB
satwa
Cuci Tangan di Laguna, Wartawan Inggris Tewas Diserang Buaya
Seorang turis asal Inggris diseret buaya di sebuah laguna di Sri Lanka. (Foto: FAWAS LAFEER/DEADLINE NEWS)

Metrotvnews.com, Colombo: Jurnalis dari kantor berita Financial Times (FT) tewas diterkam seekor buaya ketika dirinya sedang mencuci tangan di sebuah laguna di Sri Lanka.

Paul McClean, 24, lulusan Universitas Oxford, terpisah dari teman-temannya usai izin buang air. Saat berada di laguna, ia disergap buaya. 

Dia disebut-sebut sempat terlihat "melambaikan tangannya ke udara," sebelum diseret ke bawah air oleh buaya di laguna yang dikenal dengan sebutan Crocodile Rock. Laguna itu terletak tidak jauh dari sebuah pantai yang populer.

McClean diketahui baru tiba di Sri Lanka dalam beberapa hari terakhir dan menginap di hotel terdekat dengan teman-temannya.

Dibesarkan di daerah Thames Ditton di Surrey, Inggris, McClean lulus dari Oxford dan menyabet gelar First Class Honours di Prancis pada 2015, sebelum akhirnya bergabung dengan FT di tahun yang sama.

Baru-baru ini dirinya meliput Brexit dan Uni Eropa dan sempat menghabiskan beberapa bulan tinggal di Brussels sebelum kembali ke London. Artikel terbarunya, tentang industri sampanye, diterbitkan Selasa lalu.

Seorang rekan McClean di FT mengatakan: "Kami semua benar-benar tercengang, dia adalah teman yang hebat, penggemar Everton, sangat cerdas. Ini adalah mutlak tragedi."

Fawas Lafeer, pemilik Sekolah Surf Safa, yang terletak di pantai di mana kejadian tersebut, mengatakan: "Sore ini sekitar pukul 15:15, ada sebuah insiden yang melibatkan turis di tempat selancar Elephant Rock, di dekat Teluk Aragum."


Paul McClean (kanan) pada Agustus 2015. (Foto: FT)

Serangan Buaya di Sri Lanka

"Seorang nelayan lokal menyaksikan seorang pria diseret ke sungai dari pantai oleh seekor buaya. Nelayan itu berada di seberang sungai dan di hilir lokasi kejadian," katanya seperti dikutip Telegraph, Jumat 15 September 2017.

"Polisi segera dipanggil. Kami percaya dia adalah seorang pria Inggris berusia 25 tahun dengan nama Paul McClean yang sedang berlibur di Sri Lanka dengan teman-temannya," lanjut Lafeer.

Ada dua jenis buaya di Sri Lanka, yakni Marsh atau 'Mugger', dan buaya muara. Diyakini ribuan buaya rawa tersebar di berbagai sungai di Sri Lanka.

April tahun ini, seorang gadis berusia 13 tahun diserang dan diseret seekor buaya saat menikmati liburan bersama keluarganya di Danau Pulnewa, Galnewa. Gadis itu dilaporkan hilang oleh keluarganya, yang mengaku melihatnya diseret reptil besar itu ke dalam air.

Juli tahun lalu, seorang pria Sri Lanka berusia 60 tahun juga tewas akibat diserang buaya saat sedang memancing di Sungai Paayindan di Sammanthurai.


(WIL)