Wawancara Khusus Dubes Thailand untuk Indonesia

Perusahaan Thailand Mulai Gencar Incar Pasar Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 16 Sep 2017 06:57 WIB
indonesia-thailand
Perusahaan Thailand Mulai Gencar Incar Pasar Indonesia
Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol (Foto: Wahyu Dwi Anggoro/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kerja sama Indonesia-Thailand di bidang ekonomi semakin erat. Dalam kurun waktu setahun, terjadi kenaikan nilai perdagangan antar dua negara.
 
Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol menuturkan nilai perdagangan Thailand ke Indonesia pada 2016 mencapai USD40 miliar.
 
Banyaknya potensial yang dimiliki Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha dari Thailand. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan Thailand yang menaruh investasi mereka di tanah air.
 
"Kami lihat Indonesia memiliki banyak potensial, di sumber daya dan berbagai area bisnis lainnya," ujarnya saat diwawancarai Metrotvnews.com di kantor Kedutaan Besar Thailand, Jakarta, Kamis 14 September 2017.
 
Produk-produk Thailand, ucap sang dubes, tak hanya berkisar di makanan dan buah-buahan saja. Kini, bisnis furnitur Thailand mulai merambah masuk ke pasar dalam negeri.
 
Kemitraan dengan salah satu departement store di Indonesia, Transmart, membuat produk-produk furnitur Thailand mulai 'berkeliaran' di pasar. Tak hanya itu, Thailand juga merambah bidang konstruksi, yaitu dengan adanya Siam Cements Group (SCG) di Indonesia.
 
Banyaknya perusahaan Thailand di Indonesia membuat angka perdagangan kedua negara semakin naik, terlebih di bidang investasi yang melonjak hingga dua persen.
 
"Ekspor Thailand ke Indonesia mencapai USD8 miliar dan Indonesia ke Thailand USD6,5 miliar. Angka ini merupakan nilai perdagangan yang bagus bagi kedua negara," ujarnya.
 
Dubes Pitchayaphant mengatakan produk yang diekspor Thailand ke Indonesia, antara lain gula, beberapa bahan kimia dan bagian-bagian kendaraan. Sementara itu, Indonesia mengekspor minyak, hasil tambang, mesin dan beberapa alat medis ke Thailand.
 
Pertumbuhan investasi Thailand dan Indonesia juga semakin membaik setiap tahunnya. Pada 2016, tercatat nilai investasi mencapai USD330 juta ke Indonesia. Angka ini meningkat sekitar dua persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya USD117 juta.
 
Dubes Pitchayaphant berharap ke depannya investasi dan perdagangan semakin bertambah, tak hanya dari Thailand, namun juga Indonesia. Dia menambahkan banyak pengusaha Thailand yang mulai melirik pasar Indonesia dan mereka tengah mencari mitra yang tepat untuk memulai usahanya.
 
Karena hal tersebut, Dubes Pitchayaphant mengharapkan adanya penguatan kerja sama dan hubungan yang dekat dengan kedua negara. Jika hal ini terlaksana dengan baik, maka para pengusaha akan semakin melirik industri kedua negara ini dan mereka dapat bermitra bersama.



(FJR)