Jepang Ajak RI Ciptakan Stabilitas di Laut China Selatan

Sonya Michaella    •    Jumat, 19 May 2017 09:24 WIB
indonesia-jepang
Jepang Ajak RI Ciptakan Stabilitas di Laut China Selatan
Dubes Jepang Masafumi Ishii dalam peringatan hari Angkatan Bersenjata Jepang yang ke-63 (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Merayakan Hari Angkatan Bersenjata Jepang yang ke-63, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii menyebut bahwa kerja sama militer antara Jepang dan Indonesia harus terus ditingkatkan.
 
"Kami sudah bekerja sama sejak lama dan harus terus ditingkatkan. Apalagi mengingat tahun depan adalah peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia," kata Dubes Masafumi, ketika ditemui di Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.
 
"Indonesia merupakan mitra kami yang sangat penting di segala bidang, seperti tentu saja militer, politik, ekonomi dan budaya," lanjut dia.
 
Dubes Masafumi juga mengajak Indonesia terus bersama-sama dengan Jepang menyerukan perdamaian dan menciptakan stabilitas di Laut China Selatan.
 
"Tentu hubungan militer Jepang dan Indonesia sudah terbentuk bahkan sebelum konflik Laut China Selatan terjadi. Maka, kami mengajak Indonesia untuk terus menciptakan stabilitas di kawasan," tutur dia.
 
Pasalnya, ucap dia, menciptakan kestabilan kawasan adalah sebuah pesan penting dari hubungan militer Jepang dan Indonesia.
 
"Saat saya menyerahkan surat kepercayaan tadi pagi kepada Presiden Joko Widodo, saya pun diberi pesan olehnya untuk sama-sama meningkatkan hubungan bilateral yang lebih tinggi antara dua negara," ungkap dia.
 
Dubes Masafumi adalah duta besar Jepang untuk Indonesia yang baru, menggantikan Tanizaki Yasuaki. Ia tiba di Indonesia pada April lalu, dan baru saja bertemu dengan Presiden Jokowi untuk menyerahkan surat kepercayaan di Istana Negara, Kamis 18 Mei. 



(FJR)