Militan Serang Gedung Pemerintah Afghanistan, Empat Tewas

Willy Haryono    •    Minggu, 13 May 2018 18:12 WIB
afghanistanisistaliban afghanistan
Militan Serang Gedung Pemerintah Afghanistan, Empat Tewas
Lokasi serangan militan terhadap gedung pemerintah di Jalalabad, Nangarhar, Afghanistan, 13 Mei 2018. (Foto: AFP)

Jalalabad: Sedikitnya empat orang tewas setelah militan meledakkan bom dan menyerbu sebuah bangunan milik pemerintah Afghanistan di kota Jalalabad, Minggu 13 Mei 2018. 

Juru bicara pemerintah provinsi Nangarhar, Attaulah Khogyani, mengatakan kepada AFP bahwa ada dua ledakan di dekat kantor direktorat keuangan Afghanistan. Ia menyebut "sejumlah penyerang" memasuki bangunan tersebut.

"Pasukan keamanan di lokasi mengejar dan menembaki mereka," tutur Khogyani. 

Empat jasad dan 20 korban luka telah dibawa ke beberapa rumah sakit di Jalalabad. Hingga sejauh ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan. 

Jalalabad adalah ibu kota dari provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan. Beberapa area di provinsi ini adalah markas kelompok militan Islamic State (ISIS), namun grup Taliban juga aktif di sana. 

Ini merupakan aksi kekerasan terbaru di Afghanistan seiring meningkatnya aktivitas sejumlah grup militan dan serangan udara pemerintah yang didukung Amerika Serikat. 

Beberapa pekan lalu, Taliban telah mendeklarasikan operasi tahunan musim semi mereka. Deklarasi dianggap sebagai penolakan terhadap ajakan dialog damai dari Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.


(WIL)