Korsel Repatriasi Sisa Jasad 20 Prajurit Tiongkok

Willy Haryono    •    Rabu, 28 Mar 2018 10:42 WIB
korea utarakorea selatantiongkok
Korsel Repatriasi Sisa Jasad 20 Prajurit Tiongkok
Tentara Korsel membawa peti kayu berisi sisa jasad prajurit Tiongkok di Bandara Incheon, 28 Maret 2018. (Foto: AFP/KIM HONG-JI)

Seoul: Korea Selatan merepatriasi sisa jasad dari 20 prajurit Tiongkok yang tewas dalam Perang Korea, Rabu 28 Maret 2018. Repatriasi merefleksikan hubungan hangat antar dua mantan rival Perang Dingin. 

Prajurit Korsel menyerahkan beberapa peti mati berbahan kayu yang dibalut bendera Negeri Tirai Bambu ke petugas Tiongkok di Bandara Incheon. Beberapa peti itu kemudian dinaikkan ke sebuah kapal kargo Tiongkok. 

Seperti dikutip AFP, transfer ini menjadikan total sisa jasad prajurit Tiongkok yang direpatriasi sejak 2013 di angka 589. 

Repatriasi terjadi menjelang festival Qingming di Tiongkok, dimana warga akan datang beramai-ramai untuk membersihkan makam leluhur mereka. 

Sekitar tiga juta prajurit Tiongkok memainkan peran krusial dalam mendukung Korea Utara saat Perang Korea pada 1950-1953. Di Tiongkok, perang ini dinamakan "Perang Melawan Agresi Amerika Serikat dan Menolong Korea."

Tiongkok menyelamatkan Korut dari kekalahan, saat pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dipimpin AS mengusir militer pimpinan Kim Il-sung ke area perbatasan di akhir 1950. Perang berakhir dengan gencatan senjata, dan wilayah kedua negara dipisahkan Zona Demiliterisasi atau DMZ. 

Total korban tewas Perang Korea masih menjadi bahan perdebatan hingga kini. Namun dunia Barat mengestimasi sekitar 400 ribu tentara Tiongkok tewas dalam perang tersebut. Sementara Beijing menyebutkan angkanya berkisar 180 ribu.


(WIL)