Malaysia Cegat Kapal Pengungsi Rohingya

Sonya Michaella    •    Selasa, 03 Apr 2018 15:54 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Malaysia Cegat Kapal Pengungsi Rohingya
Kapal berisi pengungsi Rohingya. (Foto: Royal Malaysian Navy, Naval HQ region 3)

Kuala Lumpur: Malaysia akhirnya mencegat kapal yang berisi 56 pengungsi Rohingya di utara Pulau Langkawi. Dikatakan, mereka berangkat dari Myanmar dan sempat berlabuh di Thailand.

"Semua berjumlah 56 orang, kebanyakan anak-anak dan perempuan," kata Kepala Angkatan Laut Malaysia Laksamana Ahmad Kamarulzaman Ahmad Baharuddin, dikutip dari AFP, Selasa 3 April 2018.

Ahmad menambahkan, pihak berwenang negaranya telah memberi makanan, air dan bantuan kemanusiaan lainnya kepada para pengungsi di kapal.

Sementara itu, patroli sudah ditingkatkan Negeri Jiran sejak kemarin, terutama di perairan Langkawi, Selat Malaka dan Laut Andaman untuk mencegah kapal Rohingya tersebut masuk.

Namun, Direktur Badan Penindakan Maritim Malaysia Zulkifli Abubakar menegaskan, para pengungsi akan diizinkan masuk ke Malaysia dengan alasan kemanusiaan.

"Mereka akan diserahkan ke Departemen Imigrasi," ungkap dia.

Malaysia, hingga saat ini, memang belum menandatangani Konvensi Pengungsi. Lebih dari 100 ribu pengungsi Rohingya berada di Malaysia dengan status imigran gelap yang mayoritas bekerja di pabrik-pabrik dan pembangunan gedung-gedung bertingkat. 

Kekerasan di Rakhine State sebenarnya sudah dimulai sejak 2012. Eksodus Rohingya mencapai puncak pada 2015 di mana sekitar 25 ribu orang melarikan diri melintasi Laut Andaman menuju Thailand, Malaysia dan Indonesia. 



(FJR)


Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

Solusi Damai AS Akan Buat Kesal Palestina dan Israel

3 hours Ago

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley, mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendukung proposal Gedung…

BERITA LAINNYA