Singapura Bentuk Zona Khusus untuk KTT AS-Korut

Sonya Michaella    •    Selasa, 05 Jun 2018 08:02 WIB
Amerika Serikat-Korea Utara
Singapura Bentuk Zona Khusus untuk KTT AS-Korut
Pemandangan Marina Bay Sands Singapura. (Foto: AFP)

Singapura: Pemerintah Singapura membentuk zona khusus menjelang sepekan pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Zona khusus ini terletak di daerah sekitar Hotel Shangri-La, tempat pertemuan itu digelar dan juga tempat di mana Trump tinggal selama di Negeri Singa.

"Keamanan ekstra akan berlaku sejak 10 Juni. Edaran soal zona khusus sudah beredar sejak 3 Juni kemarin," sebut pernyataan resmi dari Kementerian Dalam Negeri Singapura, dikutip dari Channel News Asia, Selasa 5 Juni 2018.

Area yang akan diperketat pengamanannya antara lain Claymore Road, Cuscaden Road, Nassim Road dan Grange Road.

Lokasi lain yang menjadi zona khusus adalah Hotel Fullerton, tempat Kim Jong-un dan delegasi Korut menginap, yang terletak di area Marina Bay dan juga Capella di Sentosa.

Pemeriksaan khusus juga akan berlaku bagi warga Singapura maupun turis, misalnya pemeriksaan diri dan barang-barang bawaan.

Selain itu, barang-barang tertentu tidak akan diizinkan untuk dibawa ke area khusus tersebut, seperti bahan cairan yang bisa meledak, segala benda tajam, zat yang bisa digunakan untuk merusak tembok dan dinding, atau bendera serta spanduk.



(WIL)