ASEAN Bahas Pertemuan Korsel-Korut

Sonya Michaella    •    Jumat, 27 Apr 2018 13:17 WIB
ktt asean
ASEAN Bahas Pertemuan Korsel-Korut
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Ministerial Meeting. (Foto: AFP)

Singapura: Pertemuan menteri luar negeri ASEAN dimulai hari ini. Sejumlah isu pun menjadi sorotan, tak terkecuali pertemuan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

ASEAN, perhimpunan 10 negara Asia Tenggara, telah lama menyerukan perdamaian di Semenanjung Korea. Tentu, mereka menyambut baik pertemuan dua pemimpin Korea tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat 27 April 2018, 10 menteri luar negeri negara Asia Tenggara bertemu untuk menegaskan visi bersama tentang isu regional dan internasional.

Disinyalir, mereka akan memasukkan agenda Korsel-Korut di dalam pertemuan tersebut di mana mereka tetap menyerukan denuklirisasi tetapi juga menyambut baik rujuknya Korsel dan Korut.

Sementara itu, KTT ASEAN ke-32 akan digelar keesokan harinya. Presiden RI Joko Widodo pun sudah bertolak ke Singapura siang hari ini.

Ia membawa sejumlah agenda untuk dipaparkan, salah satunya adalah mendorong ASEAN untuk meningkatkan kerja sama dalam melindungi data pribadi masyarakat.

Inisiatif ini didasarkan pada perkembangan terkait penyalahgunaan data pribadi pengguna platform media sosial terkemuka yang merugikan masyarakat di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.



(FJR)