Motif Penabrakan di Tiongkok Diduga Balas Dendam

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 13 Sep 2018 16:47 WIB
penyerangantiongkok
Motif Penabrakan di Tiongkok Diduga Balas Dendam
Mobil tabrak kerumunan warga di Tiongkok. (Foto: Twitter).

Beijing: Korban insiden penabrakan di Tiongkok bertambah menjadi 11 orang. Pelaku diidentifikasi sebagai Yang Zanyun, 54.

Pejabat lokal menuturkan pelaku berniat untuk membalas dendam pada masyarakat. "Tidak ada motif lain yang dapat kami temui," kata pejabat lokal, dilansir dari laman Huffington Post, Kamis 13 September 2018.

Pejabat mengatakan Yang mengendarai mobil ke sebuah lapangan penuh pejalan kaki di kota Hengyang di Provinsi Hunan. Polisi mengatakan Yang melakukan aksinya seorang diri.

"Dia juga menyerang orang yang lewat dengan pisau dan sekop," imbuh pejabat tersebut.

Pria itu memiliki catatan kriminal yang panjang. Dia pernah terjerat hukum untuk kasus narkoba dan pencurian. Aksinya tersebut berujung penahanan dirinya.

Sebanyak 11 orang dan lebih dari 40 lainnya terluka akibat penyerangan yang dilakukan seorang pria. Foto-foto dan video bukti penyerangan tersebut tersebar di media sosial. Dalam foto terlihat sebuah SUV merah dengan bumper yang hancur.

Beberapa dekade terakhir kejahatan di Tiongkok terus meningkat. Diduga faktor ekonomi yang mengakibatkan perluasan kesenjangan di negara itu sebagai penyebabnya.

Pada 2013, dua turis tewas ketika mobil menabrak penonton di Lapangan Tiananmen di Beijing. Tiga penyerang yang diduga terkait kelompok separatis di wilayah barat Xinjiang, juga tewas dalam insiden tersebut.


(FJR)