Filipina Evakuasi Warga Jelang Kedatangan Topan Mangkhut

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 14 Sep 2018 10:10 WIB
topan badaifilipina
Filipina Evakuasi Warga Jelang Kedatangan Topan Mangkhut
Ilustrasi Topan Mangkhut. (Foto: AFP).

Manila: Ribuan warga Filipina sudah dievakuasi pemerintah ke tempat yang lebih aman. Evakuasi dipicu kedatangan Topan Mangkhut yang disebut-sebut merupakan badai terkuat di wilayah itu.

"Evakuasi pre-emptive terjadi di kota-kota pesisir kami, desa-desa yang rentan terhadap gelombang badai," kata juru bicara pemerintah Luzon, Rogelio Sending, dilansir dari laman Straits Times, Jumat, 14 September 2018.

Topan Mangkhut diduga akan mulai menghantam pulau utama Luzon pada Sabtu besok. Mengantisipasi korban jiwa akibat topan tersebut, pemerintah menutup sekolah-sekolah dan kantor.

Selain itu, mereka juga menyuruh petani segera mengambil hasil panen mereka di ladang. Pasalnya, topan akan datang bersamaan dengan musim hujan yang dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir.

Usai menghantam Filipina, topan ini akan bergerak cepat, diperkirakan akan berhembus ke Hong Kong dan Tiongkok pada Minggu. Peramal cuaca mengatakan Topan Mangkhut dianggap sebagai yang terkuat tahun ini. 

Wilayah Cagayan utara akan dihantam akhir pekan ini dengan hembusan angin antara 265 hingga 325 kilometer per jam.

Sementara itu, Mangkhut merupakan badai ke-15 tahun ini yang menghancurkan Filipina. Sebelumnya, Topan Haiyan pada 2013 menyebabkan 7.300 orang tewas dan memaksa sekitar lima juta orang pindah dari Filipina tengah.


(AHL)


Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

Pameran Replika Stasiun Kereta Api Bersejarah di AS

1 day Ago

Ribuan pengunjung setiap tahun datang ke U.S. Botanic Garden atau Kebun Raya AS di Washington untuk…

BERITA LAINNYA