Gunung Api Aso Erupsi, Warga Jepang Selamat

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 08 Oct 2016 11:23 WIB
gunung meletus
Gunung Api Aso Erupsi, Warga Jepang Selamat
Gunung api Aso di Jepang meletus (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Gunung berapi Aso di Jepang dilaporkan erupsi, pada Sabtu 8 Oktober. Tidak ada warga yang dilaporkan terluka dalam kejadian ini.
 
Menurut Badan Meteorologi Jepang, gunung tersebut melontarkan debu vulkanik hingga 11 ribu meter ke langit. Sementara erupsi sendiri dimulai pada pukul 1.46 pagi dini hari waktu setempat.
 
"Ini adalah erupsi pertama di bagian puncak, sejak Januari 1980," laporan media di Jepang, seperti dikutip ITV, Sabtu (8/10/2016).
 
Gunung yang berada di Prefektur Kumamoto ini, memiliki ketinggian 1.592 meter. Pihak badan meteorologi Jepang juga meningkatkan level waspada ke skala 3 dari skala 5.
 
Saat ini, warga dilarang untuk mendekati gunung dan memperingatkan kemungkinan adanya longsoran batu. Gunung Aso selama ini meskipun merupakan gunung api aktif, juga menjadi lokasi pendakian favorit.
 
Negeri Sakura dikenal berada di deretan 'cincin api' di mana terdapat gugusan gunung api aktif di wilayahnya. 100 gunung api aktif berada di wilayah Jepang.
 
Pada 2014, Gunung Ontake melutus tanpa ada peringatan. Bencana itu menewaskan 63 orang dan dianggap sebagai bencana vulkanis terparah dalam waktu 90 tahun.



(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA