Presiden Polandia Dijadwalkan Kunjungi Indonesia pada 2017

Sonya Michaella    •    Sabtu, 15 Oct 2016 10:47 WIB
indonesia-polandia
Presiden Polandia Dijadwalkan Kunjungi Indonesia pada 2017
Wakil Menlu Polandia, Joanna Wronecka dan Menlu RI, Retno Marsudi (Foto: dok. Kemlu RI)

Metrotvnews.com, Bangkok: Presiden Polandia, Andrzej Duda dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 2017 mendatang.

Namun, untuk tanggal pasti kunjungan Presiden Duda, belum dipastikan. Hal ini disampaikan oleh Under Secretary of State for Development Cooperation, Africa and the Middle East, Asia, Economic Diplomacy and Human Rights dari Polandia, Joanna Wronecka kepada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Kunjungan Presiden Duda ini diharapkan akan diikuti para delegasi bisnis dari Polandia untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan Indonesia.

Seperti keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (15/10/2016), bagi Polandia, Indonesia merupakan salah satu mitra strategis di Asia.

Hubungan bilateral Indonesia dan Polandia telah terjalin dengan sangat baik dengan trend perdagangan yang juga positif.

Kedua negara menyetujui pentingnya penguatan konektivitas, termasuk kerja sama antar maskapai penerbangan kedua negara, yaitu Garuda Indonesia dan LOT Polish Airlines.

Diharapkan kerja sama ini akan menghasilkan rute penerbangan langsung dari Warsawa ke Jakarta atau Denpasar.

Dalam pertemuan juga dibahas isu-isu internasional seperti situasi di Palestina dan kedua negara berkomitmen untuk terus mendukung Palestina. 

Polandia adalah mitra dagang Indonesia terbesar ke-3 di Eropa Tengah dan Timur, dengan nilai perdagangan USD 539,71 juta, surplus di pihak Indonesia adalah USD252,18 juta pada 2014 setelah Rusia dan Ukraina. 

Investasi Polandia di Indonesia mencapai USD6,4 juta dalam enam proyek pada 2014 dan jumlah wisatawan Polandia ke Indonesia adalah 16.832 orang pada 2014.


(FJR)