Filipina Siap Latihan Militer dengan Tiongkok dan Rusia

Sonya Michaella    •    Selasa, 18 Oct 2016 08:34 WIB
politik filipina
Filipina Siap Latihan Militer dengan Tiongkok dan Rusia
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengatakan Filipina siap melakukan latihan militer gabungan dengan Rusia dan Tiongkok.

Ia juga menambahkan bahwa Filipina akan memulai untuk meninggalkan kerja sama pertahanan dengan Amerika Serikat. Pernyataan tersebut dilontarkan presiden kontroversial ini sesaat sebelum melakukan kunjungan ke Tiongkok.

"Ya, saya akan melakukannya. Saya telah memberikan AS cukup waktu untuk bermain-main dengan tentara Filipina," tegas Duterte, seperti dikutip AFP, Selasa (18/10/2016).

Sekali lagi, ia juga mengatakan tidak akan melakukan latihan gabungan dengan AS, negara sekutu pertahanan utama dan pemasok alat-alat militer Filipina.

"Itu akan jadi yang terakhir. Latihan itu telah terjadwal. Saya tidak ingin tentara kami dipermalukan," ujar Duterte.

Dalam kunjungannya ke Tiongkok, Duterte membawa serta ratusan pengusaha dan disinyalir akan menandatangani kesepakatan kerja sama senilai jutaan dolar.

"Mungkin Filipina akan membeli peralatan militer dari Tiongkok, namun tidak banyak," tutur mantan Wali Kota Davao City ini.

Dia menjelaskan bahwa saat ini Filipina butuh kapal boat serang berkecepatan tinggi untuk memberantas terorisme.

"Jika Tiongkok tidak membantu kami, maka kami akan kesulitan memerangi terorisme," imbuhnya.

Ketika ditanya akankah ada perundingan tentang Laut China Selatan dalam kunjungannya ke Tiongkok, Duterte hanya menjawab bahwa tak akan tawar menawar wilayah.

Merapatnya Duterte ke Tiongkok diperkirakan akan merusak misi dan visi AS di Asia, salah satunya bertujuan untuk menandingi pengaruh Tiongkok di kawasan tersebut.

 


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA