Trump Sebut Filipina-AS Sangat Penting untuk Hubungan Militer

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 15 Nov 2017 13:14 WIB
ktt aseanas-filipina
Trump Sebut Filipina-AS Sangat Penting untuk Hubungan Militer
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Foto: AFP)

Manila: Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuturkan bahwa hubungan baik dan kuat antara negaranya dengan Filipina sangat penting untuk alasan militer. Dia menuturkan telah memperbaiki hubungan dengan Filipina, yang sempat memburuk di akhir kepemimpinan Barack Obama.

"Hubungan (Filipina) dengan pemerintah masa lalu sangat mengerikan, dan sekarang kita memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Filipina. Sangat penting, apalagi untuk perdagangan, dalam hal ini, selain militer," ujar Trump sembari mengakhiri perjalanan ke Manila, kemarin, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu, 15 November 2017.

Dalam pertemuan bilateralnya dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, Trump mengatakan bahwa hubungan mereka sangat baik.

Klik di sini: Seorang Menteri Jadi Target Operasi Militer Zimbabwe

“Kami memiliki hubungan yang baik dan ini sangat berhasil. Saya sangat menikmati berada di sini," seru Trump.

Dia bahkan tertawa bersama saat Duterte menyebut media asing dan lokal ada di ruangan sebagai 'mata-mata'. Pertemuan keduanya berlangsung selama 40 menit, dan Trump tidak menyinggung mengenai masalah hak asasi manusia.

Klik di sini: Empat Tewas Dalam Penembakan Massal di California

Keduanya juga duduk berdampingan pada perjamuan pra-puncak pada Minggu kemarin. Dua pemimpin negara tersebut mengobrol dan mendentingkan gelas sampanye.

Duterte bahkan menyanyikan sebuah lagu cinta Filipina saat makan malam. Dia mengatakan menyanyi atas perintah sang presiden Negeri Paman Sam.

Hubungan kedua negara sempat merenggang usai Obama mengkritik kebijakan 'perang narkoba' yang dilakukan Duterte, yang baru menjabat kala itu. Duterte sangat marah, sampai menyebut Obama sebagai 'son of a bitch'.

Enam Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Yaman
 


(FJR)