Menlu RI Sebut ASEAN Harus Cepat dan Progresif Hadapi Tantangan

Sonya Michaella, Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 12 Nov 2017 18:51 WIB
ktt asean
Menlu RI Sebut ASEAN Harus Cepat dan Progresif Hadapi Tantangan
Menlu RI Retno Marsudi di Pertemuan ASEAN Political and Security Community (APSC) Council. (Foto: Dok. Kemlu RI)

Manila: Menghadiri KTT ASEAN ke-31 di Filipina, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyadari tantangan di kawasan ini semakin tinggi, seiring dengan ASEAN yang sudah berusia 50 tahun.

"Harus diakui kita memang harus menciptakan ekosistem di kawasan ini, yang stabil dan damai. Tapi kita tahu tantangan di depan semakin tinggi," kata Menlu Retno dalam video dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Metrotvnews.com, Minggu 12 November 2017.

"Karena itu, ASEAN harus lebih cepat, progresif, dan open minded dalam merespons berbagai tantangan tersebut," lanjut dia.

Jadi intinya, ucap dia, bagaimana menjadikan ASEAN suatu komunitas bersama. Indonesia dan sembilan negara anggota lainnya harus mempersiapkan diri merespons tantangan yang ada di kawasan.

Menlu Retno mengungkapkan, banyak tantangan yang terjadi di berbagai bidang, salah satunya ekonomi di mana banyak ketataran teknisi.

"Dalam artian proses integrasi jalan terus dan ASEAN juga merupakan salah satu contoh keberhasilan integrasi regional dengan penduduk lebih dari  600 juta, dan selalu step by step," kata dia.

"Sehingga kalau dengan kondisi seperti ini kita cukup optimis, maka integrasinya akan semakin baik," tukas dia.

Semua tantangan yang ada tersebut berlaku bagi kawasan ASEAN, dan sudah merupakan komitmen dari semua negara anggota untuk mengupayakan keamanan dan kesejahteraan.





(FJR)